MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MEDIA ILUSTRASI DIGITAL

Anju Valentya Simanjuntak, Baharuddin Baharuddin

Abstract


Berdasarkan hasil observasi pada saat pra penelitian di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Meranti ditemukan bahwa siswa masih merasa kesulitan pada materi menganalisis teks eksplanasi. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menganalisis teks eksplanasi dengan media ilustrasi digital pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Meranti Tahun Pelajaran 2017/2018. Pada siklus I kemampuan menganalisis teks eksplanasi dengan media ilustrasi digital pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Meranti yang berjumlah 28 siswa mendapatkan nilai tertinggi 87,5 dan nilai terendah 56,25 dengan nilai rata-rata sebesar 68,97%, artinya nilai rata-rata tersebut dikelompokkan ke dalam kategori kurang. Pada siklus II nilai tertinggi 93,75 dan terendah 68,75 nilai rata-rata kelas kemampuan menganalisis teks eksplanasi dengan media ilustrasi digital adalah 80,35, artinya nilai rata-rata tersebut dikelompokkan ke dalam kategori baik. Peningkatan persentase keberhasilan siswa dalam menganalisis teks eksplanasi tidak terlepas dari penggunaan media pembelajaran yaitu media ilustrasi digital. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan cara siswa dihadapkan pada sebuah gambar, kemudian menganalisisnya, selanjutnya menuliskan paragraf eksplanasi. Peran peneliti saat proses pembelajaran berlangsung cukup efektif dengan memberikan materi teks eksplanasi sehingga siswa langsung mempraktekkan membuat teks eksplanasi berdasarkan media ilustrasi digital.

Full Text:

PDF

References


Agung, Gregorius. 2005. 101 Tips dan Trik Adobe Photoshop CS3. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Anggoro, Toha. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gultom, Harry Syahputra. 2013. Pengaruh aktivitas berdiskusi dan kesantunan berbahasa terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Taman Siswa Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jurnal Universitas Negeri Medan.

Ida, Yuliana. 2013. Peningkatan Keterampilan Memparafrasekan Iklan Baris Menjadi Wacana Eksplanasi Lisan. Jurnal Universitas Negeri Semarang.

Kemendikbud. 2013. Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MT.s Kelas VII. Jakarta Kemendikbud.

Kosasih. 2014. Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widiya. Roshady. 2015. Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks

Eksplanasi Menggunakan Pendekatan Scientific melalui Media Video Berita Bencana Alam pada Siswa Kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Kudus: Jurnal Universitas Negeri Semarang.

Sadikin. 2014. Bahasa Indonesia 1. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Sadiman. 2011. Media Pembelajaran dalam Proses Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Singarimbun. 1987. Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES.

Salahudin. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustaka Setia.

Sudrajat. 2011. Kemampuan Menganalisis dalam Pembelajaran. Artikel Pendidikan.

Susilana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Wahono, dkk. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Wahyuningtias, Lela. 2015. Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Video Peristiwa Alam pada Peserta Didik Kelas VII F SMP N 1 Blora. Jurnal Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v6i2.637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License