Tuturan persuasif dalam cross selling dan up selling menu di Foresthree Coffee Kota Kediri

Elok Duwi Agustina, Endang Waryanti, Sempu Dwi Sasongko

Abstract


Tuturan persuasif merupakan hal yang umum dalam dunia pemasaran. Kegiatan jual beli, penawaran produk atau jasa adalah wujud penerapan persuasif. Kemampuan persuasif  harus dimiliki sebagai  bekal yaitu berkenaan dengan dasar-dasar persuasif dan teknik persuasif. Secara teoritis penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik, sedangkan secara metodologis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tuturan persuasif pramusaji di Foresthree Coffee Kediri. Dari hasil penelitian ini watak dan kredibilitas paling banyak ditemukan, jadi hal yang paling utama harus dikuasai yaitu watak yang baik dan kredibilitas. Teknik persuasif yang sering digunakan yaitu teknik sugesti. Penguasaan persuasif dalam kegiatan penawaran produk dirasa sangat penting untuk meningkatkan jumlah penjualan produk, dibuktikan dengan terjualnya beberapa produk ketika pramusaji Foresthree Coffee melakukan penawaran.


References


Afrizal, Sekar, Dwi, P., Renisa, L., Winda, O., & Herti, Y.. (2024). Pendekatan Pragmatik Dalam Pembelajaran Bahasa. CV. Azka Pustaka.

Artavia, P. N. (2024). Tindak tutur direktif dalam novel “ancika: dia yang bersamaku tahun 1995” karya pidi baiq dan relevansinya sebagai materi ajar penulisan pidato persuasif kelas VIII SMP. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Mabruroh, F. I., & Khamdan, R. (2022). Efektivitas Strategi Up-Selling Dan Cross-Selling Dalam Pemenuhan Target Penjualan DI Menepi Kitchen Jember. Skripsi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Moha, D. S. & M. I. (2015). Ragam Penelitian Kualitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mubarok, M. A. R., & Rohaedi, D. W. (2021). Variasi Bahasa Slogan dalam Iklan Situs Belanja Daring Tokopedia: Kajian Sosiolinguistik. Bapala, 8(5), 187–196.

Muhalifah, S., Sihabuddin, S., & Prasetya, T. I. (2015). Pengaruh Komunikasi Persuasif Sales Promotion Girl Rokok Djarum Black Mild Terhadap Minat Beli Konsumen Di Sumarecon Mall Serpong. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Putri, F. I., Lukmantoro, T., & Gono, J. N. S. (2015). Teknik-teknik Persuasif Dalam Media Sosial (Studi Analisis Isi Kualitatif Pada Akun Mentor Parenting Ayah Edy di YouTube). Interaksi Online, 4(1).

Riani, N. K. (2021). Strategi peningkatan pelayanan publik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2443–2452.

Saputra, M. (2020). Komunikasi Persuasif Produser Layar Kaca Aceh Dalam Memperoleh Sponsorship. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Sarbaini, S., & Nazaruddin, N. (2023). Pengaruh kenaikan BBM terhadap laju inflasi di Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 2(I), 25–32.

Sari, N. K. (2018). Teknik Persuasif dalam Buku Sukses Tanpa Gelar Karya Andrias Harefa. GERAM: Gerakan Aktif Menulis, 6(1), 72–82.

Septiani, D., Ramadini, A. S., & Hayatunupus, Y. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Cross Selling dan UP Selling Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Di Alfamart Cabang Mareleng. Journal of Research in Management Business and Social Science, 2(1), 1–7.

Wibowo, W. (2022). Konsep Tindak Tutur Komunikasi. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v12i2.4443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License