Kedwibahasaan pada mahasiswa UKM Olahraga di lingkungan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan Tahun 2024

Putri Utami Chaniago, Rahmat Kartolo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini menganalisis dampaknya dari kedwibahasaan pada mahasiswa UKM Olahraga di Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan pada tahun 2024. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif, metode statistik deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 20 anggota aktif UKM Olahraga yang menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui google form mencakup aspek kesalahpahaman komunikasi, alih kode dan campur kode, dan cara bertutur. Analisis data dihitung dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian melihatkan mahasiswa UKM Olahraga memiliki kesalahpahaman komunikasi dengan rata-rata skor 8. Namun, pemahaman terhadap bahasa lain selain bahasa Indonesia, dengan rata-rata skor 6,6. Selain itu, pada peristiwa alih kode dan campur kode menunjukkan skor rata-rata 5,21 mengindikasikan adanya ruang untuk perbaikan dalam berbahasa.


References


Adhimah, S. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.

Bahri, S. (2018). Fenomena Kedwibahasaan di Sekolah Dasar; Sebuah Kondisi dan Bentuk Kesantunan Berbahasa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 62–72.

Dewi, K. R., & Saputra, I. G. N. W. B. (2022). Kedwibahasaan dalam Keluarga Perkawinan Campur pada Etnik Hindu di Bali. Lampuhyang, 13(1), 132–148.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fatmawati, D. (2021). Pelaksanaan layanan konseling kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VIII 1 SMP NEGERI 1 Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Muhammadiyah Metro.

Hakim, F. N. (2023). Dasar Ilmu Semiotik untuk Kajian Desain Visual. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1–108.

Heryani, H. (2022). Kedwibahasaan Pada Masyarakat Tutur di Kota Cirebon. Jurnal Education and Development, 10(2), 429–433.

Lestari, P., & Rosalina, S. (2024). Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Sosial antara Penjual dan Pembeli. DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 11–19.

MAULIDIYA, C. (2023). ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA TINDAK TUTUR SISWA MTS WALISONGO PONTIANAK. IKIP PGRI PONTIANAK.

Sudarja, K. (2019). Alih kode dan campur kode dalam proses pengajaran bahasa indonesia. Alfabeta: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 2(2), 35–49.

Tarmini, W., & Sulistyawati, R. (2019). Sintaksis bahasa indonesia. Jakarta: UHAMKA.

Zakah, M. N. (2015). Fenomena Alih Kode dalam Acara Breakout di Net TV: Satu Kajian Sosiolinguistik. Universitas Widyatama.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v12i2.4420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License