Efektivitas penggunaan nearpod sebagai media pembelajaran interaktif

M. Fakhrurrozy K, M. Surif, Elly Prihasti Wuriyani, Syairal Fahmi Dalimunthe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan aplikasi Nearpod sebagai media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Nearpod dalam pembelajaran bahasa Indonesia memberikan beberapa manfaat, yaitu: Meningkatkan antusiasme dan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran, membantu siswa memahami materi dengan lebih baik, meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis resensi, membuat pembelajaran lebih kreatif dan inovatif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa aplikasi Nearpod merupakan media pembelajaran interaktif yang efektif untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

References


AF, M. A., Nurfadilah, K., & Hilman, C. (2022). Pendidikan Luar Sekolah dalam Kerangka Pendidikan Sepanjang Hayat. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(2), 90–95.

Ami, R. A. (2021). Optimalisasi pembelajaran bahasa indonesia menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi nearpod. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 135–148.

ARDE, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Gamifikasi Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Kelas X Pembelajaran Biologi Di Sma. Uin Raden Intan Lampung.

Fadiyah, H., Kurnianti, E. M., & Hasanah, U. (2024). Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Digital. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 211–224.

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28–42.

Harapan, E., Pd, M., Ahmad, S., & MM, D. (2022). Komunikasi antarpribadi: Perilaku insani dalam organisasi pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Nathania, A., Bayhaqi, H. R., Putri, V. A., & Rizkyanfi, M. W. (2024). Bahasa Indonesia Dalam Manajemen Kantor: Merangkul Esetika Generasi Z Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Kinerja. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(6).

Nurhayati, S., & Lahagu, S. E. (2024). Pendidikan Sepanjang Hayat. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Parianto, P., & Marisa, S. (2022). Komunikasi Verbal dan Non Berbal dalam Pembelajaran. Journal Analytica Islamica, 11(2), 402–416.

Pidria, L., Ayu, N. G. S. N., & Qairani, Z. (2023). Pengaruh Kewibawaan Pendidik terhadap Peserta Didik dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(1), 1–15.

Ramatni, A., Anjely, F., Cahyono, D., Rambe, S., & Shobri, M. (2023). Proses pembelajaran dan asesmen yang efektif. Journal on Education, 5(4), 15729–15743.

Setyawan, A., Azzahra, E. F., Astuti, I. T., Ica, I. E., Septyorini, E. A., & Susanti, S. D. (2020). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Sinaga, M., & Silaban, S. (2020). Implementasi pembelajaran kontekstual untuk aktivitas dan hasil belajar kimia siswa. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(1), 33–40.

Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2022). Pendidikan formal, Pendidikan non formal Dan Pendidikan informal. PEMA (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v12i2.4379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License