PROBLEMATIKA KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS XI MAS CIPTA SIMPANG DOLOK

Riyanti Riyanti, Rafika Muspita Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Problematika Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas XI MAS Cipta Simpang Dolok Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian teori dasar (grounded theory). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dan yang menjadi sampel guru mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XI MAS Cipta Simpang Dolok. Teknik penggumpulan datanya dengan menyebarkan angket/kuesioner ke 3 (tiga) guru mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XI MAS Cipta Simpang Dolok. Hasil penelitian ini adalah terdapat kendala yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar materi teks prosedur kompleks adalah 1) tidak punya media pembelajaran; 2) model Pembelajaran; 3) siswa menggunakan handphone dalam belajar; serta 4) tidak punya paket data.


Full Text:

PDF

References


John M. Echols dan Hassan Shadily. 2000. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Kosasih, E. 2013. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Komaidi, Didik. 2008. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda Media.

Pusat Bahasa Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sadikin, Asep Ganda. 2015. Bahasa Indonesia. Bandung: Grapindo Media Pratama.

Semi, M.A. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Semi, Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbag, Kemendikbud.

Tarigan, Henry Guntur. 2005. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Wahono. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Sumiati dan Munandar, Arif. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Lembar Kerja Dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa XI SMA Negeri 1 Sanggar Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. JISIP Vol 2, No. 3.

Rismanto. 2017. Skripsi Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Menggunakan Model Pembelajaran Demonstrasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Balai Asahan Tahun Ajaran 2017/2018. Kisaran: Universitas Asahan.

Suwono. 2018. Skripsi Pengaruh Model Pembelajaran Avtive Learning Tipe Question Student Have (QSH) Terhadap Kamampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMA Swasta Daerah Sei Bejangkar Tahun Ajaran 2017/2018. Kisaran: Universitas Asahan.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v8i2.1726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License