PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Ayu Lestari Lestari, Syahriani Sirait, Metrilitna Sembiring, Sri Rahmah Dewi Saragih

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data Kelas VII SMP Swasta Muslim Al Syahrin Ambalutu TA 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Muslim Al Syahrin Ambalutu. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas, yaitu kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan VII-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh nilai rata-rata posttest dikelas eksperimen (83,33) sedangkan kelas kontrol (75,77). Hasil uji T diperoleh (4,920)> (2,008). diterima dengan demikian terdapat pengaruh positif dan siginifikan dalam penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis.

Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Komunikasi Matematis, Penyajian Data


Full Text:

PDF PDF

References


Firmansyah, A., Hasanuddin, H., & Nelson, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Pengetahuan Awal Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 01. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4772

Hake, R. (1999). Analyzing Change/ Gain Score. Indiana: Indiana University.

Permata, C., Kartono, & Sunarmi. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Model Pembelajaran TSTS dengan Pendekatan Scientific. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 127–133. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/35/29

Saud, U. S. (2008). Pengembangan profesi guru (Alfabeta (ed.)).

Sirait, S., Rahmadani, E., Saragih, S., Napitupulu, E. E., Sari, D. N., & Syafitri, E. (2022). ANALISIS PROSES JAWABAN SISWA PADA KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING. Matematics Paedagogic, 6(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif , R&D. In Alfabeta (Issue 17). Alfabeta CV. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845


Refbacks

  • There are currently no refbacks.