PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS TAI (TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION) DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Murni Murni, Ely Syafitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan RPP dan LKPD berbasis TAI (Team Asissted Individualization) ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa yang diterapkan di UPT SMP Negeri 2 Nibung Hangus dinilai dari kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development Reserch). Subjek uji coba dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII-1 UPT SMP Negeri 2 Nibung Hangus. Berdasarkan hasil validasi RPP dapat disimpulkan bahwa RPP dapat dinyatakan “sangat valid”dengan skor empiris 315. Selanjutnya hasil validasi LKPD dapat disimpulkan bahwa LKPD dinyatakan “sangat valid” dengan skor empiris 329.Uji coba perangkat pembelajaran matematika berbasis model TAI (Team Asissted Individualization) yang dihasilkan, RPP dan LKPD telah mencapai kategori “praktis”. RPP dan LKPD dinyatakan “sangat praktis” berdasarkan hasil penilaian guru. RPP dan LKPD dinyatakan “praktis” berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dengan keterlaksanaan RPP mencapai 82,7%. RPP dan LKPD dinyatakan “efektif” berdasarkan ketercapaian ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada kompetensi inti pengetahuan dan keterampilan mencapai 93%. Berdasarkan hasil tes menunjukkan bahwa RPP dan LKPD yang dihasilkan dapat digunakan sebagai alternatif perangkat pembelajaran yang mendukung kegiatan pembelajaran SMP kelas VIII.
Kata kunci:Perangkat Pembelajaran, Team Asissted Individualization, pemahaman konsep matematika


Full Text:

PDF

References


Bayo, L. G., Mahmud, N. R. A., Studi, P., Matematika, P., & Kupang, U. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. 1(2), 110–119.

Harahap, Y. N. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di SMP Negeri 38 Medan T.P. 2017/2018.

Kristianti, D., & Julia, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4D Untuk Kelas Inklusi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal MAJU, Volume 4 No. 1,Maret 2018 ISSN: 2355-3782, 4(1), 40.

Lisnawati, D., Siti Balkist, P., & Setiani, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kolaborasi dengan Team Assisted Individualy (TAI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di SMP. Utile: Jurnal Kependidikan, 8(1), 30–39. https://doi.org/10.37150/jut.v8i1.1633

Maryani, A., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ( SPLDV ) di MTs Atsauri Sindangkerta. 05(03), 2619–2627.

Neka, S. W., Syarifudin, H., & Syahniar. (2019). Pengaruh Individualisasi Berbantuan Tim ( TAI ) Pendekatan Matematika Siswa. 178(ICoIE 2018), 37–40.

Selvitry, A. R., Fauzan, A., & Mudjiran. (2019). Pengaruh Individualisasi Berbantuan Tim ( TAI ) Pendekatan Matematika Siswa. 178(ICoIE 2018), 323–326.

Sulistyaningsih, D., & Mawarsari, V. D. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Berbasis Konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Syafitri, E., & Hasibuan, D. F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( Lkpd ) Berbasis Etnomatematika Berorientasi Dari KemampuaN. 1(1), 1–11.

Tristanti, L. B., Hidayati, W. S., & Matematika, J. P. (2020). Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe tim berbantuan individualisasi untuk mengajar geometri 3D. 14(2), 279–288. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.11139


Refbacks

  • There are currently no refbacks.