PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Indra Risky Mahesa, Ely Syafitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Aplikasi GeoGebra Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di SMP Negeri 5 Tanjung Balai TA 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain penelitian posttest-Only Control Design. Populasi dajlajm penelitiajn ini ajdajlajh seluruh siswaj kelajs VIII SMP Negeri 5 Tajnjung Bajlaji. Sajmpel yajng diajmbil sebajnyajk duaj kelajs, yajitu kelajs VIII-4 sebajgaji kelajs eksperimen yajng diajjajrkajn menggunajkajn model Project Bajsed Leajrning berbantuan aplikasi geogebra  dajn VIII-5 sebajgaji kelajs control dengajn menggunajkajn model pembelajjajrajn ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh nilai rata-rata post test dikelas eksperimen (90,83) sedangkan kelas kontrol (53,61). Hasil uji T diperoleh . Berdasarkan hasil uji T maka  diterima dengan demikian terdapat pengaruh positif dan siginifikan dalam penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Aplikasi GeoGebra Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis.

 

 Kata kunci: Project Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis,                                 Aplikasi Geogebra


Full Text:

PDF

References


Amelia, R., Chotimah, S., & Putri, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Daring Pada Materi Geometri SMP dengan Pendekatan Project Based Learning Berbantuan Software Wingeom. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 759–769. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.417

Anim, A., Sirait, S., Syafitri, E., Rahmadani, E., & Sari, N. (2022). Geogebra Sebagai Alat Bantu Ditinjau Berdasarkan Curiosity Siswa. 4307(June), 409–415.

Damayanti, R. R., Zulkarnain, I., & Sari, A. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Quick on the Draw. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 94–101. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8352

Elisa, C. E., Muharini, R., & Hadi, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Larning pada Materi Pemisahan Campuran untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(1).

Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030

Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661

Mamahit, J. A., Aloysius, D. C., & Suwono, H. (2020). Efektivitas Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM (PjBL-STEM) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 1284. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14034

Rachmantika, A. R., Waluya, S. B., & Isnarto, I. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Pembelajaran Project Based Learning dengan Setting Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2609–2615. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.1100

Rhamdania, N., & Basuki, B. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kampung Gudang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 445–458. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1447

Saputro, O. A., & Rayahub, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Alfabeta CV, Bandung.

Sumaryanta, Nanang Priatna, S. (2019). Mapping of the Result of Mathematics. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6, 543–557.

Syafitri, E., Pasaribu, M., & Saragih, S. R. D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Via Whatsapp Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Logika. Jurnal Matematics Paedagogic, IV(2), 163–174.

Tanzimah. (2019). Pemanfaatan geogebra dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 610–616.

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281


Refbacks

  • There are currently no refbacks.