ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK PENGARUHNYA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada UMKM Tenun Gedogan Kota Bima)

Muhajirin Muhajirin, Kamaluddin Kamaluddin

Abstract


Usaha kecil menengah merupakan salah satu pendorong terdepan dalam perkembangan ekonomi. UMKM merupakan salah satu bidang dalam penyerapan tenaga kerja yang sangat signifikan. Pada saat ini merupakan masa globalisasi yang dimana persaingan sudah semakin ketat, banyak perusahaan yang akan bangkrut atau gulung tikar apabila perusahaan tidak mempersiapkan perusahaan dalam persaingan saat ini. Tujuan yang ingin dicapai adalah peningkatan orientasi pasar dan inovasi prodak terhadap keungulan bersaing pada UMKM Tenun Gedong yang ada di Kota Bima. Data yang digunkan adalah data primer. Sampel penelitian berjumlah 90 Responden. Alat analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menujukan bahwa Orientasi Pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada UMKM Tenun Gedogan di Kota Bima, Orientasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada UMKM Tenun Gedogan di Kota Bima dan terdapat pengaruh positif dan signifikan orientasi pasar dan inovasi produk terdahap keunggulan besaing pada UMKM Tenun di Kota Bima. Sehingga semakin tinggi orientasi pasar yang dilakukan, serta semakin tinggi tingkat inovasi produk, maka semakin meningkat keunggulan bersaing pada UMKM Tenun Gedogan di Kota Bima.

 

Kata Kunci : Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing


Full Text:

PDF

References


Adelina Agnes Lapian. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar dan INOVASI Prosuk Terhadap Kinerja Pemasaran Pasa PT. BPR Prisma Dana Amurang.

Assauri, Sofjan. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali. Gramedia Pustaka Utama

Cynthia Vanessa Djodjobo dan Hendra N. Tawas.2014. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manado. Vol.2 No.3 September 2014

Ekawati, N. W., Rahyuda, I. K., Yasa, K. N. N., dan Sukaatmadja, I. P. G. 2016. Implementation of Ecoprenership and Green Innovation in Building Competitive Advantage to Generate Success of New Spa Products in Bali. International Bussiness Management, 10(14): 2660-2669.

Emory, C., and Coper, D. R. 2000. Business Reseaech Methods, Home Wood Irwin. Ensley, M.D., Carland, L.C, Carland, J. W., and Bank, M (1999). Exploring the Existence of Entrepreneural Team. International Journal of Management 16, 276-286

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair et al. (2010). Multivariate Data Analysis, Seventh Edition. Pearson Prentice Hall

Ikhsan Badruz Zaman, (2017), Engaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Produk Umkm Spd Speedometer Yogyakarta)

Jayaningrum, B Sanawiri (2018). pengaruh orientasi pasar, inovasi, orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran (studi pada kuliner kafe kota malang)

Kotler,Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nikmah, Aristin. 2015. Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing IKM (sentra IKM Tenun Ikat Troso Kabupaten Jepara)

Susanto Parengki (2012). Pengaruh Advertising Terhadap Pembentukan Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Kecap Pedas Abc (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Kecap Pedas Abc Di Kota Semarang.

Pramesti, N. M V., dan Giantari, I. G. A. K. 2016. Peran Orientasi Pasar Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UKM Industri Kerajinan Endek. E-Jurnal Manajemen Unud. 5(9): 5754-5782

Putro Styo Aris, (2017), Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produkuntuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Pada Kampungbatik Laweyan Solo.

Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. (2010). Manajemen (edisi kesepuluh). Jakarta: Erlangga.

Saiman,L. 2014. Kewirausahaan (Teori, Praktik, dan Kasus-kasus), edisi kedua. Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.