PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGH ORDER THINKING SKILLS SISWA KELAS XI MAN 2 PADANGSIDIMPUAN

Itgo Hatchi, Dwi Aninditya Siregar, Lia Purnama Sari, Suryadi Fajri

Abstract


Penelitian pendekatan metakognitif untuk meningkatkan High Thinking Order Skills (HOTS) ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika budaya sekolah MAN 2 Padangsidimpuan dan bagaimana penerapan pendekatan metakognitif untuk meningkatkan HOTS siswa dalam pembelajaran Biologi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 2 Padangsidimpuan dan sampelnya adalah siswa kelas XI MIA 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di MAN 2 Padangsidimpuan memiliki dua kompetensi budaya sikap yaitu budaya spiritual dan budaya sosial. Sementara itu, penerapan pendekatan metakognitif untuk meningkatkan HOTS sudah terlihat dari hasil proses pembelajaran siswa dalam pembelajaran Biologi. Penerapan metakognitif ini terlihat pada disain pembelajaran metakogntif yang tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), proses pembelajaran, penilaian pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. RPP pendekatan metakognitif untuk meningkatkan HOTS yang digunakan sudah memenuhi ketentuan acuan pembuatan RPP sesuai dengan standar ketentuan kurikulum 2013, tetapi RPP ini lebih dkembangkan lagi dan disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa RPP yang telah didisain dianggap mampu membantu siswa untuk memulai menggunakan pendekatan metakognitif dalam proses pembelajaran Biologi untuk meningkatkan HOTS.     

Kata kunci: Pendekatan Metakognitif, Proses Pembelajaran Biologi, High Thinking Order Skills (HOTS)


Full Text:

PDF

References


Akhsanul, I. (2014). “Efektivitas Model Pembelajaran Matematika berbasisi Metakognitif”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(1), 25-26.

Arham, J. (2017). “Paradigma Hasan Langgulung tentang Konsep Fitrah dalam Pendidikan Islam”. Jurnal Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 8(2).

Devi, P. K. (2012). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill Dalam Pembelajran IPA SMP/MTs. Jurnal Pendidikan IPA. 2(2), 32-40.

Ermawati. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bantul. Jurnal Caraka, 3(1).

Hanifah, N. (2019). ”Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di sekolah dasar” Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1).

Kuswana, W.S. (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mochammad, Y. (2015). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Metakognitif untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Reflektif Siswa SMA”. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 163.

PP No. 32 Tahun 2013. (2013) Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Menkumham RI.

Sudarmanto. (2018). Good University Governance. Diakses 24 Februari 2018. blog.unila.ac.id/radengunAwa.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Syafa. (2014). Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Dinamika Ilmu, 14(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.