KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI PECAHAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Nurbaiti Nurbaiti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pengembangan LKS matematika.LKS yang digunakan di sekolah-sekolah belum menuntut siswa untuk menemukan konsep matematika secara mandiri. Untuk itu dikembangkan LKS berbasis Open Ended Problem  yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan konsep secara mandiri sehingga konsep dapat bertahan lama dalam ingatan siswa. Tujuan yang hendak dicapai dari upaya pengembangan ini adalah menghasilkan LKS berbasis Open Ended Problem efektif.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp, yang terdiri atas tiga tahap yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assesment phase. Data penelitian diperoleh dari uji validitas, praktikalitaas, dan efektivitas.Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasi LKS.Data kepraktisan diperoleh dari hasil wawancara dengan peserta didik dan angket respon guru dan peserta didik.Data keefektifan dilihat dari aktivitas dan hasil belajar peserta didik.Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis Open Ended Problem yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektif dari segi aktivitas dan hasil belajar peserta didik.Dalam hal ini aktivitas siswa meningkat selama pembelajaran, ini berarti LKS efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Open Ended Problem  untuk pembelajaran matematika di kelas VI SD yang telah dihasilkan dapat dinyatakan efektif.

 

Kata kunci: Efektif, Lembar Kerja Siswa, Open Ended Problem

Full Text:

PDF

References


Depdiknas.2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional.Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Plomp, Tjeerd. 2010. An Introduction to Educational Design Research. Netherlands: SLO Netherlands Institute for Curriculum Development.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.