PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BAGI MAHASISWA CALON GURU FISIKA DI PADANGSIDIMPUAN

Lia Purnama Sari, Itgo Hatchi, Dwi Aninditya Siregar

Abstract


Penelitian pengembangan modul ajar  ini dilakukan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul ajar yang dikembangkan. Modul ajar ini dikembangkan untuk dapat memudahkan dosen dalam menyampaikan materi dan juga dapat memudahkan mahasiswa dalam memahami materi kuliah.  Modul ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah modul ajar berbasis Project Based Learning (PjBL). Langkah-langkah PjBL ini diintegrasikan ke dalam modul ajar yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian research and development atau penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4-D (4-D models). Langkah-langkah penelitian pengembangan ini ada empat tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Tahap pendefinisian dilakukan analisis materi dan analisis mahasiswa. Analisis materi yang telah dilakukan maka materi yang dipilih untuk pengembangan modul ini adalah materi arus bolak balik pada mata kuliah fisika dasar 2. Hasil analisis terhadap mahasiswa, modul ajar berbasis PjBL ini sesuai dengan kondisi dan karakteristik mahasiswa. Berdasarkan analisis data yang telah didapatkan mahasiswa kurang aktif dalam diskusi kelompok ataupun diskusi kelas., kemampuan mahasiswa dalam menyusun atau melakukan percobaan tidak begitu kreatif. Hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa modul ajar berbasis PjBL yang dirancang sangat valid dengan persentase 88,3%. Sedangkan hasil analisis praktikalitas dari angket respon dosen diperoleh rata-rata persentase 85% dengan kategori sangat praktis dan angket respon praktikalitas oleh mahasiswa diperoleh nilai rata-rata persentase 78% dengan kategori praktis. Keefektifan modul ajar dilihat dari perolehan kompetensi mahasiswa yaitu kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar yang diperoleh 91,30%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka modul ajar berbasis PjBL yang digunakan dapat meningkatkan kompetensi dan kreativitas mahasiswa, maka modul ajar yang dikembangkan merupakan modul ajar yang sangat valid, praktis, dan efektif.

Kata kunci: Modul Ajar, Project Based Learning (PjBL), Kompetensi Mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Bas, Gokhan. (2011). Investigating The Effect of Project-Based Learning on Student’s Academic Acievement and Atitudes Towards English Lesson. The Online Journal Of New Horizons In Education, 1(4), 1-15.

Doppelt, Y. (2005). Assesment of Project Based Learning. Diakses pada 18 Mei 2019,dari http://scholar.lib.vt.edu/ejournals/JTE/v16n2/pdf/doppelt.pdf.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifik Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129-150.

Haryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Kristanti, Y.D., Subiki., & Handayani, R.D. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122-128.

Novianto, N.K., Masykuri, M., & Sukarmin. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Inkuiri, 7(1), 81-92.

Novitayani, L. (2014).Pengembangan Modul Fisika Berbasis Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI) untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Priatna, K., Putrama, I.M., & Divayana, D.G.H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 6(1), 70-78.

Samanthis, A., & Sulistyo, E. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Project Based Learning Pada Standar Kompetensi Memperbaiki Radio Penerima di SMKN 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 03(01), 23-29.

Saptiti, Y. (2014). Pengembangan Modul Berbasis Project Based Learning untuk Mengoptimalkan Life Skills pada Siswa Kelas X SMAN 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2013/2014. Radiasi, 5(1), 41.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.