PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK TERPADU BERBASIS PROJECT BASED LEARNING YANG PRAKTIS DI KELAS IV SD

Sartika Rati Asmara Nasution, Muhammad Syahril Harahap

Abstract


Hasil studi pendahuluan  dalam proses pembelajaran guru belum mengembangkan bahan ajar yang digunakan, masih berpedoman pada buku guru dan buku siswa yang disediakan oleh Kemendikbud. Siswa dan guru disibukkan kedalam muatan materi yang terdapat pada buku yang harus diselesaikan dalam satu pembelajaran dengan kurang memberikan pengalaman langsung pada siswa. Dalam proses pembelajaran tematik terpadu masih jelas terlihat pengelompokan pembelajarannya. Proses pembelajaran sebatas pemberian informasi semata, kurang memberikan masalah diawal pembelajaran sehingga pembelajaran kurang bermakna sehingga diharapkan perbaikan pembelajaran dengan mengembangakan sebuah bahan ajar tematik terpadu berbasis Project Based Learning. Pengembangan bahan ajar ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dan keterampilan memecahkan masalah dari apa yang mereka alami dalam upaya menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) model pengembangan Plomp. Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu (1) preliminary research atau analisis pendahuluan, (2) prototyping phase atau tahap perancangan, dan (3) assesment phase atau tahap penilaian”. Tahap preliminary research dilakukan untuk menentukan masalah dasar yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Pada tahap ini dilakukan analisis kurikulum dan analisi karakteristik siswa. Selanjutnya pada tahap prototyping phase bertujuan untuk melakukan Evaluasi formatif dilakukan pada setiap prototipe yang dihasilkan. Protoyping phase terdiri atas prototipe 1, prototipe 2, prototipe 3, prototipe 4 yang merupakan hasil dari evaluasi formatif. Selanjutnya tahap assesment phase dilakukan untuk mengetahui efektivitas dari produk yang dihasilkan.

Kata kunci: Project Based Learning, Pengembangan, Bahan Ajar

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2014. Pembelajaran Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Grahalia Indonesia.

Daryanto dan Dwicahyono, Aris.2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP,PHB, dan Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar .Bandung: Pustaka Setia

Majid,Abdul.2007.Perencanaan Pembelajaran. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Plomp, tjeerd dan Nieveen, Nienke. 2013. Educational Design Research. Netherland: Institute Curriculum for Development

Putra, Nusa. 2012. Reasearch and Development, Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Gravindo Persada

Sutirman. 2013. Media dan Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Surabaya: Pranada Media Group.

Warsono. 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.