PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA KURIKULUM 2013 KELAS X DI SMA NEGERI 1 AIR JOMAN

Ely Syafitri, Dewi Astuti

Abstract


Penelitian berjenis kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemecahan masalah matematis yang terjadi pada siswa yang diberi pembelajaran Discovery Learning dan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Air Joman Kabupaten Asahan dengan sampel siswa dari dua kelas X masing-masing X-2 dan X-3.  Kemampuan awal matematika siswa digolongkan sesuai dengan nilai rapot. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari N-gain kelas eksperimen (menggunakan pembelajaran Discovery Learning) sebesar 0,14 dan N-Gain kelas kontrol (menggunakan pembelajaran konvensional) sebesar 0,13. Adapun interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal diketahui bahwa faktor tersebut tidak memberikan kontribusi secara bersamaan pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Kata Kunci :  Pembelajaran Discovery Learning, kemampuan pemecahan masalah matematis.


Full Text:

PDF

References


Atun, I. 2006.Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Koopretaif Tipe Student Teams Achievement Divisions Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Siswa.Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung.

BSNP. 2006. Standard Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta

Depdiknas. 2007. Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Jakarta

Effendi, A.L. 2012. Pembelajaran Matematika Dengan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol.13 No.2 Oktober 2012

Hosnan, M. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Jakarta: Galian Indonesia

NCTM. 2000. Principles and standards for school

mathematics. Reston Virginis: CTM

Polya. 1973. How to solve it a new aspect of mathematical method. Bandung: IKIP Bandung Press

Russefendi, E. T. 1991. Pengaantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Sani, A. R. 2014. Pembelajaran SaintifikUntuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.