PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA KANCING TERHADAP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Mardiana Mardiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media kancing terhadap hasil belajar matematika siswa di MTs Al-Ihsan Pertumbukan Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media kancing terhadap variabel terikat yaitu hasil belajar matematika.Penelitian ini di lakukan di MTs Al-Ihsan Pertumbukan.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Ihsan Pertumbukan terdiri dari atas 3 kelas yang berjumlah 101 siswa.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIB yang berjumlah 32 siswa.Instumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes yang berbentuk uraian sebanyak 4 soal.Uji persyaratan yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung> ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima maka di simpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media kancing terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Al-Ihsan Pertumbukan.

Kata Kunci           :  Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Media Kancing,Pemahaman Konsep Matematika


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran . Jakarta: PT Grafindo Persada.

Hanafi , Agustina. dan Yuliani, Indrawati. 2006. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Matematika Dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Pada Sekolah Menengah Atas Kota Palembang..Jurnal manajemen dan bisnis sriwijaya.Vol.4.No.7.

Hasratuddin, Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA. Vol. 6 No. 2

Herawati, Dera Dwi. Dkk. 2014.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Dengan Media Komik Pada Materi Pengelolaan Lingkungan Guna Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar (Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Semboro Jember), Pancaran, Vol. 3.No. 3.

Istarani.2011, 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Kristanti, Alexandra Yunita. dan Kusmanto, Benedictus. 2015 Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 12 Yogyakarta. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2.

Mangallo, Yulianto . 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Matriks Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Nabire. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, Vol. 4, No. 2.

Mulyana, Mutia Agisni. Dkk. 2016.Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1. No. 1

Noor, Aisjah Juliani. dan Megawati. 2014 Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Pada Pemecahan Masalah Matematika di Kelas VIII SMP.EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2. No. 1

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samsidar. Dkk. Pengunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD DDI Siboang. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5.No. 7.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Siregar, Eveline. dan Nara, Hartini. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Suparmi. 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif TipeNumbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Kelas VII-1 SMPN 25 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol. 4 No. 2.

Syafwan.Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Untuk Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Poso Pesisir.Jurnal Kreatif Tadulako Online.Vol. 4 No. 4.

Syarifuddin, Ahmad. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. TA’DIB.Vol. 16 No.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.