PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI I AIR JOMAN MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVER LEARNING PADA MATERI TRIGONOMETRI

Dewi Astuti, Ely Syafitri

Abstract


Penelitian berjenis kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis  yang terjadi pada siswa yang diberi pembelajaran discovery learning pada kurikulum 2013 dan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Air Joman Kabupaten Asahan dengan sampel siswa dari dua kelas X masing-masing X-2 dan X-3.  Kemampuan awal matematika siswa digolongkan sesuai dengan nilai rapot. Instrumen yang digunakan dengan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan pembelajaran discovery learning pada kurikulum 2013 memiliki peningkatan kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.  Ini terlihat dari rata-rata N-gain yang diperoleh di kelas eksperimen sebesar 0,13 sedangkan N-Gain kelas kontrol sebesar 0,12. Adapun interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal diketahui bahwa faktor tersebut tidak memberikan kontribusi secara bersamaan pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.

 

Kata Kunci :  Pembelajaran discovery learning, Kurikulum 2013, kemampuan berpikir kritis.

 


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Standard Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta

Depdiknas. 2007. Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Jakarta

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. ISSN 1412-565X. Hal 76-89.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Jakarta: Galian Indonesia

Jacob, M. S. Sam, K. H.2008. Measuring Critical Thinking In Problem Solving Through Online Discussion Forums In First Year University Mathematics. Hongkong.

Karim, A. 2011. Penerapan Metode Discovery learning Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah dasar. Edisi Khusus No.1 ISSN 1412-565X.

Mas, S. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD 1 Daleng Manggarai Barat Ntt Pada

Pokok Bahasan Globalisasi Dengan Model Tasc. J-TEQIP, Tahun III, Nomor 1, Mei 2012, hal. 47-53.

NCTM. 2000. Principles and standards for school mathematics. Reston Virginis: NCTM

Russefendi, E. T. 1991. Pengaantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Sani, A. R. 2014. Pembelajaran SaintifikUntuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.