HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DAN MATEMATIKA

Datulina Ginting, Eva Margaretha Saragih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Hubungan Siswa Terhadap Kompetensi Guru Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Pada Pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika. Yang menjadi hipotesis penelitian ini adalah Hubungan Siswa Terhadap Kompetensi Guru Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM).Dengan memakai rumus korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi antara variabel X (persepsi siswa terhadap kompetensi guru matematika) dengan variabel Y (hasil belajar matematika yang menggunakan proses PAKEM) sebesar 0,409. Karena rhitung> rtabel adalah 0,409> 0,361 berarti terdapat hubungan yang positif antara variabel X dan Y artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan Hubungan Siswa Terhadap Kompetensi Guru dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Pada pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika.

 

Kata Kunci ; Kompetensi Guru, Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM)


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2010. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Agus, Siprijon. 2009. Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta

Hamalik, Oemar. 2008. Model-model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Rineka Cipta: Jakarta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian udadministrasi. Bandung: Alfabeta.

Sjana. 2001. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sumarmo, Utari. 2002. Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: FMIPA-UPA

Winataputra, Udin S. 2005. Pendekatan Ekspositoris. Jakarta: Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.