MODUL PELATIHAN SELF EFFICACYTERHADAP SELF EFFICACYMATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 1 SIPIROK

Yulia Anita Siregar, Nor Mita Ika Saputri

Abstract


Modul adalah suatu bahan ajar yang dikemas sedemikian rupa sehingga menarik dan mempermudah peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Modul pelatihan self efficacy dirancang agar siswa terbiasa dengan kepercayaan diri mereka dalam menghadapi permasalahan yang terdapat dalam matematika. Modul self efficacy ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi diri, cara berpikir, serta rasa keinginan untuk memiliki sesuatu khususnya dalam proses pembelajaran pada matematika. Self efficacy sangat dibutuhkan di dalam matematika sebab rasa percaya diri harus dimiliki oleh setiap siswa agar setiap materi yang terdapat di dalam matematika itu sendiri mampu siswa hadapi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan modul pelatihan self efficacy terhadap self efficacy matematika siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rank spearman diperoleh ρ hitung > ρ tabel yaitu 0,99654> 0,339 kemudian dilanjutkan dengan analisis uji t dengan hasil t hitung >t tabel yaitu 4,7957>1,714. Sehingga dapat disimpulkan Terdapat hubungan yang signifikan antara modul pelatihan self efficacy dengan self efficacy matematikasiswaSMP N 1 Sipirok dengan kategori sangat kuat. Serta dengankontribusimodul pelatihan self efficacy terhadap self efficacy sebesar 99,3092%.

 

Kata kunci: Modul, Pelatihan, Self Efficacy.


Full Text:

PDF

References


Pardimin. 2018. SelfEfficacyMatematika dan SelfEfficacyMengajar Matematika Guru Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 24, Nomor 1, Juni 2018, hlm. 29 – 37.

Bandura. 1993. Human Agency in Social Cognitive Theory.American.Psychologist.

Sunaryo, Yoni. 2017. Pengukuran Self-Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika Di MTS N 2 Ciamis.Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA) Vol. 1 No. 2, Hal, 39 , Maret 2017 ISSN 2541-0660.

Jumroh., Anggria Septiani Mulbasari., Putri Fitriasari. (2018). Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika dengan Strategi Inquiry Based Learning Di Kelas VII SMP Palembang.Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, Volume 4 Nomor 1 Juni 2018, p-ISSN : 2460-8718 e-ISSN : 2460-8726.

Ardiyanti, Difa. 2015. Pelatihan PLANS Untuk MEningkatkan Efikasi Dir dalam Pengambilan Keptusan Karir.

Lasmiyati dan Idris Harta. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP.PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 – Nomor 2, Desember 2014, (161-174).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.