PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA DI SMP N 1 KISARAN

Dewi Astuti, Eva Margaretha, Sri Rafiqoh, Neni Agustina

Abstract


Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dilaksanakan melalui kegiatan pelatihan yang diselenggarakan bagi para guru di SMPN 1 Kisaran  . Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan tujuan dan harapan. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang menunjukkan bahwa ketiga belas peserta pelatihan belum mengetahui cara penggunaannya dan belum mengimplementasikan media permainan kartu dalam proses pembelajarannya. Selanjutnya dari hasil evaluasi diketahui bahwa seluruh peserta yang berjumlah 13 orang sudah mahir dalam menggunakan media permainan kartu untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas nantinya. Apabila masukan dan saran yang disampaikan peserta pelatihan dapat dilaksanakan kembali maka kegiatan pelatihan berupa penerapan media pembelajaran lain yang berbasis teknologi dan tetap dapat menjalin komunikasi dengan narasumber untuk dapat membahas media dan proses pembelajaran.

 

Kata kunci: media kartu, logika matematika


Full Text:

PDF

References


Apsari, Ni Putu Dessy Mayuni. 2020. “Pengaruh Blended Learning Berbasis Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Tingkat Kecerdasan Logis Siswa.” Suluh Pendidikan 18 (1): 131–47. https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v18i1.121.

Education, Elementary, Denny Rahmalia, Dadan Suryana, Pendidikan Guru Paud, dan Universitas Negeri Padang. 2021. “Jurnal basicedu” 5 (2): 605–18.

Emaculata, Natalia Inggit, dan Adi Winanto. 2022. “Pengembangan Media Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah Kelas 2 SD.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 (7): 2517–22. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.719.

Madina, D I R A Al-furqon. 2023. “No Title.”

Meningkatkan, Dalam, dan Kecerdasan Logika. 2020. “diajukan kepada Institut Agama Islam Negeri Jember untuk memenuhi salah satu persyaratan memperoleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidkan Islam Anak Usia Dini Oleh : FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN November 2020 i.”

Wulandari, Gusti Ayu, dan Didith Pramunditya Ambara. 2021. “Media Kartu Uno Berbasis Multimedia Interaktif pada Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal dan Berhitung Angka” 9: 211–19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.