PERSPEKTIF GURU MENGGUNAKAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR PADA PROSES PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DI SMA TAMAN SISWA KISARAN

Ely Syafitri, Khairun Nisa, Shella Irmeliani Dalimunthe, Syahidatul Nadila Lubis, Widayu T. Lumban Batu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif guru dalam pemanfaatan Platform Merdeka Belajar dalam pada proses penyusunan perangkat pembelajaran di SMA Swasta Taman Siswa Kisaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif guru dalam menggunakan Platform Merdeka Belajar dalam proses penyusunan perangkat pembelajaran bervariasi, tergantung pada pengalaman, keahlian teknologi, dan kebutuhan spesifik masing-masing guru. Secara umum, perspektif guru terhadap penggunaan Platform Merdeka Belajar dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu: 1. Efisiensi waktu dan tenaga; 2. Kesesuaian kurikulum; 3. Pengembangan keterampilan digital guru. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Platform Merdeka Belajar dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi guru dalam proses penyusunan perangkat pembelajaran. Namun, perlu diingat bahwa manfaat tersebut dapat dirasakan secara optimal jika guru memiliki pengalaman, keahlian teknologi, dan kebutuhan spesifik yang sesuai. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diberikan saran-saran sebagai berikut: Pemerintah perlu memberikan pelatihan dan pendampingan yang berkelanjutan kepada guru dalam penggunaan Platform Merdeka Belajar. Pelatihan dan pendampingan tersebut perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan guru. Platform Merdeka Belajar perlu terus dikembangkan dan diperbaiki agar dapat memenuhi kebutuhan guru secara lebih optimal. Pengembangan Platform Merdeka Belajar dapat dilakukan dengan melibatkan guru dari berbagai jenjang pendidikan.

Kata kunci: Platform Merdeka Belajar, Guru, Penyusunan perangkat pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Arnes, S., Muspardi, Yusmanila. (2023) Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 5 (1), 60-70.

Julita, Dheni Purnasari, P. (2022) PEMANFATAAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN ERA DIGITAL. Journal of Educational Learning and Innovation. 2 (2), 227-239.

Marisana, D., Iskandar, S., Trie Kurniawan, D., (2023) Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU. 7 (1), 139-150.

Miles, M. B., dan Hubermann, A. M., Qualitative Data Analysis 2nd Edition. Sage., 2008

RI, K. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka. Kurikulum Gtk.Kemdikbud.Go.Id.

Https://Kurikulum.Gtk.Kemdikbud.Go.Id/Detail-Ikm/

Setiariny, E., (2023). Pemanfaatan platform merdeka mengajar sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Journal on Education. 20 (1),1613-1620.

Endang Setiariny, E (2023) PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan. 20(1), 23-33


Refbacks

  • There are currently no refbacks.