UPAYA MENINGKATKAN ASPEK KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA SD MELALUI CERITAANAK MENGGUNAKAN MEDIA CANVA

Eva Mizkat, Muhammad Iqbal Nasution, Suci Wulandari, Indah Syafitri

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat (PkM) program kemitraan masyarakat ini dilakukan di Sekolah Dasar (SD) Swasta Al-Washliyah 80 Kisaran sebagai upaya untuk meningkatkan aspek keterampilan berbahasa siswa, agar keterampilan berbahasa mereka lebih meningkat dengan memanfaatkan aplikasi digital. Tujuan dilakukannya PkM ini adalah untuk menciptakan hasil bahan bacaan yang sesuai dengan usia anak SD dalam bentuk softcopy dengan memanfaatkan aplikasi canva. Metode yang digunakan adalah pengajaran, pendampingan, dan evaluasi. Hasil yang diperoleh bahwa siswa SD lebih tertarik belajar membaca, mendengarkan, berbicara dan menulis yang merupakan aspek keterampilan berbahasa berbasis digital.

Kata Kunci: Keterampilan berbahasa, canva, cerita anak


Full Text:

PDF

References


Afandi, dkk. (2022). Metodologi Pengandian Kepada Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

https://pendispress.kemenag.go.id/index.php/ppress/catalog/download/19/16/741?inline=1

Anjelina,Nadya. Tarmini, Wini. (2022) Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7327 -7333. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3495/pdf.

Aufa, Fatimah Nurul. Purbasari, Imaniar. Widianto, Eko. (2020). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Visualisasi Poster Sederhana.WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 86-92.

https://jurnal.umk.ac.id/index.php/wasis/article/download/5060/2331

Damayanti, Pandan Arum Ayu. Implementasi Media Canva dan Quizlet pada Pembelajaran Fabel di SMP Muhammadiyah Purworejo Pascapandemi. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 22(1),70-80.https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/article/view/29985/14298.

Kurniawati, Nia. (2023). Mengasah Keterampilan Membaca. Diakses: 13 Desember 2023. https://ppsdmaparatur.esdm.go.id/artikel/mengasah-keterampilan-membaca.

Nukman, Eva Y. Setyowati, C. Erni. (2021). Bahasa Indonesia SD Kelas IV. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. Diakses: 13 Desember 2023. https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/bahasaindonesia-untuk-sd-kelas-iv.

Pelangi, Garris.Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. (2020).Jurnal Sasindo Unpam,8(2),79-96. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354.

Pratiwi, Cerianing Putri. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 7(1), 1-8.

https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/558/pdf.

Setiyaningsih, Suci. Yuwana, Setya. Hendratno. (2023). Peningkatan KeterampilanBercerita Siswa Kelas II SD Setelah Menggunakan Media Animasi Audio Visual Dongeng Binatang Berbasis Canva. Jurnal Elementaria, 6(2), 618-624. DOI: 10.31949/jee.v6i2.5452.https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/jee/article/download/5452/3085.

Setiyawati, Eni., Muktadir, Abdul., Parmadie, Bambang., (2022). Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Rakyat Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal KAPEDAS–Kajian Pendidikan Dasar, 1(2),108 – 120.

https://ejournal.unib.ac.id/kapedas/article/view/23941/10863.

Suwito. Syakur, Abd. (2023). Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Aplikasi Canva di SMA N 1 Krian Sidoarjo. Jurnal Pancasona: Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humanior, 2(1), 143-150. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/6888


Refbacks

  • There are currently no refbacks.