PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA SMA SWASTA DAERAH AIR JOMAN

Tuti Herawati, Nila Sudarti, Yani Yani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks anekdot pada siswa SMA Swasta Daerah Air Joman. Kegiatan menulis teks anekdot secara umum banyak kesulitan yang di hadapi siswa khususnya kesulitan dalam merangkai kata dan tidak mempunyai gagasan dalam menyuguhkan buah karya terbaik, serta tidak memahami struktur dan kaidah dalam penulisan teks anekdot. Oleh karena itu peneliti menggunakan model Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis teks anekdot. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Kuantitatif. Metode Deskriptif Kuantitatif adalah metode penelitian yang menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan mengambil sampel 25 siswa yaitu kelas X IPA-1 SMA Swasta Daerah Air Joman. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis yaitu tes menulis teks anekdot. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan menulis teks anekdot kelas X IPA-1 SMA Swasta Daerah Air Joman dilihat dari 5 kategori yaitu sangat baik, baik, cukup, kurang, sangat kurang. Siswa yang memiliki tingkat kemampuan menulis teks anekdot sangat baik 10 siswa (40%), baik 8 siswa (32%), cukup 7 siswa (28%), kurang 0 siswa (0%), sangat kurang 0 siswa (0%). Dan siswa yang memiliki tingkat kemampuan menulis teks anekdot dengan kategori baik pada interval 75-84. Jadi diketahui bahwa kemampuan menulis teks anekdot nilai rata-rata 82,2.

 

Kata Kunci: Model Discovery Learning, Menulis Teks Anekdot


Full Text:

PDF

References


Devi Paramita Candra, Hudiyono Yusak, Mulawarman Widyatmike Gede. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) Di Kelas Xi SMA Negeri 1 Samarinda. Diglosia. Volume 1, Nomor 2.

Djiwandono, Soenardi, 2008, Tes Bahasa : Pegangan Bagi Guru Bahasa. Jakarta: PT. Indeks.

Gulo Sudarman. Sidiqqin M. Ali Sidiqin. 2020. Kemampuan Menulis Teks Anekdot Dengan Menggunakan Media Gambar Oleh Siswa Kelas X Smk Swasta Ypis Maju Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 17, No. 1, Maret 2020 E-Issn 2621-5616.

Hosnan.2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Handayani. dkk. 2013. Bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo

Rohim, F. 2012. Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physics Education Journal, 1 (1). https://media.neliti.com/media/publications/138870-ID-dampak-model-discovery-learning-terhadap.pdf

Kosasih, E. 2013. Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Kosasih, E. 2014, Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Kemendikbud. 2013. Buku Siswa Bhasa Indonesia X Expresi Diri Dan Akademik. Jakarta: Kemendikbud.

Kurniasih & Sani. (2014:64). Strategi-Strategi pembelajaran. Alfabeta: Bandung.

Munira. 2015. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Modul tidak diterbitkan. Makassar: Unimuh Makassar.

Masruroh Ngafi. 2018. Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X1 Ma Miftahul Ulum Toabo Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Mahmudah Zulfatun. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Di Sdn 08 Kota Bengkulu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tarigan. 2008. Menulis Srbagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Putrayasa Made, H. Syahruddin, Margunayasa Gede. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol: 2 No: 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.