ANALISIS PENGGUNAAN PEMBAYARAN UANG DIGITAL MENGGUNAKAN QRIS DI ERA DISRUPSI DIGITAL PADA PELAKU USAHA DI KABUPATEN ASAHAN

Tengku Syarifah, Lucky Satria Pratama, Hadi Suriono

Abstract


Tulisan ini mengkaji penggunaan pembayaran uang digital menggunakan QRIS di era disrupsi digital pada pelaku usaha di Kabupaten Asahan dengan menggunakan data primer. Metode analisis data menggunakan 3 langkah smart-pls yaitu penggujian model luar, pengujian model dalam dan penelitian model. kami menemukan bahwa variabel segmentasi pasar terhadap pelaku usaha yang menggunakan QRIS tidak memiliki pengaruh hubungan negatif dan tidak signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa pemerintah harus merencanakan dan mensosialisasikan kepada pelaku usaha UMKM terkait tata cara menggunakan QRIS yang lebih efektif dan efisien.

 

Kata Kunci: QRIS, UMKM, Pelaku Usaha


Full Text:

PDF

References


Hutami A. Ningsih, Endang M. Sasmita BS. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik ( QRIS ) Pada Mahasiswa. J IKRA-ITH Ekon. 2021;4(1):1–9.

Nasution R. Analisis Persepsi Perdagangan Pada Penggunaan QRIS Sebagai Alat Transaksi UMKM Di Kota MedanNo Title. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara; 2021.

Pakasi SS. Tinjauan Hukum terhadap Penggunaan Dompet Digital dalam Bertransaksi di Indonesia. Lex Crim. 2021;X(12):69–76.

Komunikasi D. Bank Indonesia Terbitkan Ketentuan Pelaksanaan QRIS. Bank Indonesia. 2019.

Handayani SA. Humaniora dan Era Disrupsi Teknologi dalam Konteks Historis. E-Prosiding Semin Nas Pekan Chairil Anwar. 2020;1(1):19–30.

Sihaloho JE, Ramadani A, Rahmayanti S. Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Universitas Sumatera Utara. J Manaj Bisnis. 2020;17(2):287–97.

Ardian M. Sikap Masyarakat Surabaya Terhadap Program Acara “Pesbukers” Di ANTV. J E-Komunikasi. 2013;1(1):1.

Mukhid A. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Surabaya: Jakad Media Publishing; 2021.

Siyoto, S. dan Sodik MA. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing; 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.