PENERAPAN METODE FUN LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Anim Anim, Syahriani Siarit, Julham Dalimunthe, Tari Antika, Putri Andini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Metode Fun Learning yang dipadukan dengan media flash card mempengaruhi motivasi belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan.. uji prasayaratnya dengan uji normalitas dan homogenitas kemudian uji hipotesisnya menggunakan uji t. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas 2 SD N 010246Banjar. Pengambilan sampel random sampling digunakan untuk mengumpulkan sampel yaitu kelas II-A dan II-B. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dengan metode Fun Learning yang didukung dengan media flash card. Denagn Nilai uji t sebesar 5,598 dan menunjukkan signifikansi pada kolom asumsi equal variances sebesar 0,000.

 

Kata Kunci: Fun Learning, motivasi belajar, Flash Card.


Full Text:

PDF

References


Buhungo, T. J. (2021). Pengaruh Google Classroom Berbasis Web Dengan Implementasi Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(2), 40–46.

Febrianto, K., Yustitia, V., & Irianto, A. (2020). Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media flashcard di sekolah dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(29), 92–98.

Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis artikel metode motivasi dan fungsi motivasi belajar siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203.

Legowo, Y. A. S. (2022). Gamifikasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 3(1), 13–30.

Mufidah, E., & Sa’diyah, N. A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Fun Learning Dalam Pembelajaran Tematik. IBTIDA’, 1(1), 49–60.

Nurma, A. (2021). IMPLEMENTASI METODE FUN LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI DI TSANAWIYAH AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. UIN Raden Intan Lampung.

Prabowo, R. A., Hita, I. P. A. D., Lubis, F. M., Patimah, S., Eskawida, E., & Siska, S. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket. Journal on Education, 5(4), 12648–12658.

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Sabrina, R., Fauzi, F., & Yamin, M. Y. M. (2017). Faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4).

Sari, T. T., & Cahyono, A. H. (2020). Pengembangan E-Learning Berbasis Android “Fun Math” Sebagai Alternatif Belajar Matematika di Tengah Pandemi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1283–1298.

Syahid, A. A. (2019). Gembira bersekolah: memaknai fun learning di sekolah dasar. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.