PENGARUH TEKNIK BRAINSTORMING DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN

Rahma Yunita Ansi, Susi Masniari Nasution

Abstract


Penelitian ini berkaitan dengan kemampuan siswa SMA Muhammadiyah 8 Kisaran dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan Teknik Brainstorming dan metode konvensional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran yang terdiri dari lima kelas dan setiap kelas berjumlah 35 siswa. Jumlah populasi seluruhnya adalah 179 siswa. Dua kelas diambil sebagai sampel dengan menggunakan cluster random sampling, yaitu kelas X-MIA 1 sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan Teknik Brainstorming dan kelas X-MIA 2 sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan Metode Konvesional. Instrumen untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes. Jenis tesnya adalah tes esai. Analisis data menggunakan rumus uji-t. Dari analisis ini rata-rata kelompok eksperimen 79,1 dan rata-rata kelompok kontrol 52 peneliti menemukan bahwa penggunaan Teknik Brainstorming mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis yang menunjukkan bahwa thitung (5,5) lebih besar dari t tabel = 1,66 untuk α = 0,05 . Jadi Ha menerima, dengan kata lain penggunaan Teknik Brainstorming lebih efektif dan signifikan dibandingkan dengan menggunakan cara konvensional.

 

Kata kunci: Teknik Brainstorming, Teks Deskriptif, Menulis

Full Text:

PDF

References


Agustin, H. D. (2020). Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris “Recount Text” Memanfaatkan Media Gambar Dengan Metode Pbl By Hetty Dwi Agustin (Z-Lib.Org).Pdf.

Apsari, Y. (2017). The Use Of Picture Series In Teaching Writing Recount Text. Eltin Journal, Journal Of English Language Teaching In Indonesia, 5(2), 51. Https://Doi.Org/10.22460/Eltin.V5i2.P51-56

Arifin, Moh. Nur.(2018). Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa.Ugm Press, 3(1), 111–131.

Asni, S. L., Susanti, S., &Sulistiyo, U. (2018). An Analysis Of Grammatical Errors In Writing Recount Text At The Eighth Grade Of Smp Negeri 20 Kota Jambi. International Journal Of Language Teaching And Education, 2(2), 131–144. Https://Doi.Org/10.22437/Ijolte.V2i2.5205

Budiyanti, K. (2017). Improving Students’ Writing Skills Of Narrative Text Through Brainstorming Technique By The Second Year Students Of State Islamic University Suska Riau Kurnia Budiyanti, M. Pd. 5(June 2014), 65–80.

Durriyah, R. (2018). The Effectiveness Of Using Small Group Discussion On Students’ Reading Comprehension Of Recount Text.

Pardede, H., & Herman, H. (2020). The Effect Of Numbered Heads Together Method To The Students’ Ability In Writing Recount Text. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 291–303. Https://Doi.Org/10.37329/Cetta.V3i2.455

Rizkina, S. (2017). The Effect Of Brainstorming Technique In Writing Descriptive Text At Viii Grade Of MtsnStabat In 2016/2017 Academic Year. Journal English Language, 6, 5–9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.