PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) BERBANTUAN APLIKASI PLOTAGON

Eva Margaretha Saragih, Syahriani Sirait, Cahyani Aprilia, Siti Nurhaliza, Siti Aminah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) berbantuan aplikasi plotagon. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan partisipan siswa kelas V di SD N 010246 Banjar. Penelitian dilakukan dalam beberapa siklus, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes awal, tindakan pembelajaran PBL dengan Plotagon, dan tes akhir. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk mengevaluasi peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa siswa sekolah dasar kelas V memiliki hasil belajar matematika yang lebih baik. Peningkatan angka ketuntasan belajar siswa antara sebelum dan sesudah siklus sebesar 26,31% merupakan buktinya. Sementara itu, terjadi peningkatan angka ketuntasan belajar siswa antara siklus I dan II sebesar 15,79 persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatanhasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) berbantuan aplikasi plotagon.

 

Kata Kunci : Problem Based Learning, Plotagon


Full Text:

PDF

References


Almubarak, M., & Rahmat, R. (2021). Tehnik Pemerikasaan Dan Pengolahan Hasil Asesmen. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1).

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69.

DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. (2010). Quantum teaching: mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas. Kaifa.

Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in international mathematics and science study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Hidayat, M. S. (2012). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(2).

Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola bilangan di kelas vii sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.

Pribadi, B. A. (2017). Media & teknologi dalam pembelajaran. Prenada Media.

Purwananti, Y. S. (2016). Peningkatan kualitas pendidikan sebagai pencetak sumber daya manusia handal. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), 220–229.

Sanjaya, D. R. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Sirait, S., Syafitri, E., & Nisa, K. (2023). The Development of Animation-Based Learning on Students’ Numeracy Literacy Skills. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1696–1705.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Triwiyanto, T. (2021). Pengantar pendidikan. Bumi Aksara.

Triani , DS, Winarni , EW, & Muktadir , A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Jurnal Belajar dan Mengajar Pendidikan Dasar, 2(1), 13–21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.