IMPLEMANTASI PERMAINAN EDUKASI PUZZLE MATH TERHADAP ADVERSITY QUOTIENT SISWA

Elfira Rahmadani, Ely Syafitri, Anim Anim, Syahriani Sirait

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kemampuan adversity quotient siswa yang diperoleh dari siswa kelas II UPTD. SD Negeri 014672 Tanjung Alam semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini bersifat pra-eksperimental, terdiri dari pre-test kelompok tunggal dan desain pass and pass. Subjek penelitian terdiri dari 21 siswa. Berdasarkan temuan penelitian, nilai rata-rata pre-test siswa adalah 54,2% sebelum menggunakan permainan edukasi puzzle math. Dimensinya termasuk dalam kategori rendah. Setelah menerima perlakuan, tingkat posttest siswa mencapai 71,3%. Kompetensi siswa berada pada kategori tinggi. Dalam hal kemampuan dasar, kemampuan adversity quotient sedikit lebih rendah yaitu 17,1%. Analisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test memberikan hasil yang signifikan dengan p-value 0,008 dan nilai 0,05. Nilai Pa (0,008 σ 0,05). Debitur Ha, hasil tes menunjukkan hal ini. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan edukasi puzzle math mampu meningkatkan kemampuan adversity quotient siswa.

 

Kata Kunci: Permainan Edukasi, Puzzle Math, Adversity Quotient

Full Text:

PDF

References


Avrianti, T., Rosalina, E., & Aswarliansyah, A. (2021). Penerapan Media Kartu Bilangan Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Ii Sd Negeri 4 Megang Sakti. JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION, 3(2), 90–96. https://doi.org/10.31540/jmse.v3i2.1280

Darojat, A. A., & Martani, W. (2022). Stress Akademik Sebagai Mediator Hubungan Antara Regulasi Emosi dan Problematic Internet Use pada Siswa SMP. Acta Psychologia, 1(4), 11–20. https://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia /article/view/60610%0Ahttps://journal.uny.ac.id/index.php/actapsychologia/article/viewFile/60610/19463

Edgina, H., & Bangngu, M. (2019). Adversity Quotient dan Stres Kerja dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 pada Guru SMP Swasta di Kupang. Jurnal Kreatif Online, 7(3), 1–10. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php /JKTO/article/view/13595

Maswar, M. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika Menyenangkan Siswa (Mms) Berbasis Metode Permainan Mathemagic, Teka-Teki Dan Cerita Matematis. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.28-43

Rambung, O., Sion, Bungamawelona, Puang, Y., & Salenda, S. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi. Jurnal Ilmu Pendidikan , 1(3), 598–612.

Susanto, H. (2006). Mengembangkan Kemampuan Self Regulation untuk Meningkatkan Keberhasilan Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 07, 64–71. http://www.academia.edu/download/34838935/Hal.64-71_Mengembangkan_Self_Regulation.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.