PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN STRATEGI QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA

Alfis Aldera, Hamzah Isfahani, Erni Pardede, Marta Marta, Esti Ginting, Aulia Ansari

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X di SMK Negeri 1 Takengon dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)dengan strategi pembelajaran Quis Team T.P 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Takengon yang beralamat di Jl. Lebe Kader No.13, Merah Mersa, Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan melalui tes hasil belajar.Sedangkan teknik analisis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 24 siswa tergolong aktif meningkat menjadi 30 siswa pada siklus II dengan kategori aktif dan sangat aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data hasil tes sebelum penerapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa (41,67%) dengan nilai rata-rata 66,38, sedangkan pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa (61,11%) dengan nilai rata-rata 76,11. Meningkat pada siklus II menjadi 30 siswa (83,33%) dengan nilai rata-rata 80 atau mengalami peningkatan sebesar 22,22%. Sebagai indikator ketuntasan secara klasikal aktivitas adalah 80% siswa memperoleh skor  23 dan Hasil belajar adalah 80% siswa memperoleh nilai  Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)dengan strategi Quiz Team dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar Metode Penilaian Persediaan kelas X Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Takengon T.P 2020/2021.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Strategi Quiz Team


Full Text:

PDF

References


Aliz, 2013. dalam Fhain. Metode Pembelajaran CTL, http:// bumi.blogspot.com/2011/04/metode-pembelajarancontextual teaching and learning.html. Diaksespada 12 Agustus 2017).

Aqib, Zainal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: YramaWidya.

Arikunto, Suharsimi,dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Djamaah, SyaifulBahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Fathurrohman, Muhammad. 2015 Model – Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ginting, Jihen. 2014. Akuntansi Manejemen. Medan :Unimed Press.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamruni. 2011.Strategi Pembelajaran.Yogyakarta:Insan Madani.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Khaer, Abu. 2016.Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPS.Dinamika: Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar & Menengah Vol. 6, No. 1, Januari 2016. ISSN 0854-2172 (diakses pada tanggal 05 Oktober 2017).

Ristanto, dkk.2014. Pembelajaran Fisika Dengan Model Contextual Teaching And Learning Melalui Metode Observasi Gejala Fisis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Inkuiri. ISSN : 2252-7893,Vol 3 No.III 2014. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains. (Diakses pada 23 April 2017)

Samriani. 2009. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Laerning (CTL) dalam Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di kelas IV SDN No 3 Siwalempu Tahun Pembelajaran 2008-2009. Jurnal Kreatif Tadulako, (online), ISSN 2354-64X Vol.4 No.2. (https://jurnal.untad.ac.id%2Fjurnal%Findex.php%2FJKTO%2Farticle%2Fdownload%2F3396%2F2431&usg=AFQjCNGHLRmHUd_nwtab-fCybQOKXdaDTA). Diakses 17 Agustus 2017.

Sanjaya,Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kancana Prenada Media Group.

Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar - Ruzz Media.

Slameto.2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rinoka Cipta.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning (Teori & Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta:Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.