IMPLEMENTASI AKTIVITAS MERDEKA BELAJAR MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SMK SWASTA TRIYADIKAYASA

Oktaviana Nirmala Purba, Sri Rahayu, Imelda khairot, Dhea Rasti Br Damanik

Abstract


Tujuan utama program kemitraan masyarakat stimulus adalah untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dan ketrampilan para guru dalam mengimplementasi aktivitas merdeka belajar melalui Media pembelajaran quizizz. Quizizz merupakan web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah, sehingga dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh siswa asalkan tidak melebihi batas waktu yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di sekolah SMK Swasta Triyadikayasa bahwa dengan adanya covid-19, untuk sementara sekolah masih menggunakan pembelajaran biasa. Kurangnya pemahaman guru dalam menggunakan aplikasi web tol menyebabkan guru jarang dalam menggunakan IT sebagai penunjang pembelajaran. Etode yang digunakan pada kegiatan ini dengan menggunakan pelatihan media pembelajaran quizizz. Pelatihan dilakukan dengan lima langkah yaitu tahap persiapan, tahap pelatihan, tahap implementasi, tahap evaluasi kegiatan dan tahap rekomendasi. Untuk mengetahui keberhasilan kegiatan pengabdian ini, dilakukan evaluasi dengan pengisian angket respon terhadap kepuasan menggunakan Quizizz. Berdasarkan hasil evaluasi melalui hasil perhitungan angket terjadi peningkatan pengetahuan dan ketrampilan para guru dalam mengimplementasi aktivitas merdeka belajar melalui Media pembelajaran quizizz untuk meningkatkan kemampuan literasi SMK Triyadikayasa sebesar 89,05%.

Kata kunci: Media Pembelajaran Quizizz, Kemampuan Literasi


Full Text:

PDF

References


Salmia, S. & Yusri, A.M. 2021. Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21 Di Masa Pandemik Covid-19. Indosian Jurnal Of Primary Education, 5(1).

Salsabila, U.H., Habiba, S.H., Amanah, I.L., Istiqomah, N.A., Difany, S. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi. Volume 4 Nomor 2 Desember 2020.

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.