PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN DAN VARIASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BERBELANJA DI PURNAMA MARKET SEI KAMAH BARU KECAMATAN SEI DADAP

Rosnaida Rosnaida, Andri Wijaya, Indah Yanda Yani, Fauziah Ritonga

Abstract


Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan, display layout dan variasi produk secara simultan dan parsial terhadap loyalitas pelanggan pada Purnama Market Sei Kamah Baru Kecamatan Sei Dadap. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif, sedangkan sifatnya adalah deskriptif explanatory. Populasi penelitian adalah masyarakat yang berbelanja di Purnama Market, dan sampel penelitian ditetapkan seanyak 96 orang. Pegumpuan data menggunakan teknik kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, yang dilanjutkan dengan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah: (1) Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Pelanggan pada Purnama Market Sei Kamah Baru Kecamatan Sei Dadap, yang dibuktikan oleh nilai thitung (2,199) > ttabel (1,98609); (2) (2) Variasi Produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Pelanggan pada Purnama Market Sei Kamah Baru Kecamatan Sei Dadap, yang dibuktikan oleh nilai thitung (2,311) > ttabel (1,98609); (3) Kepuasan Pelanggan, Display Layout, dan Variasi Produk berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Purnama Market Sei Kamah Baru Kecamatan Sei Dadap, yang dibuktikan oleh nilai Fhitung (76,082) > Ftabel (2,70). Koefisien Determinasi yang diperoleh adalah sebesar 70,3% yang berarti 70,3% perubahan Loyalitas Pelanggan pada Purnama Market Sei Kamah Baru Kecamatan Sei Dadap ditentukan oleh Kepuasan Pelanggan, Display Layout, dan Variasi Produk, sedangkan sisanya yang 29,7% disebabkan oleh faktor lain.

 

Kata kunci:       kepuasan pelanggan, dan variasi produk, loyalitas pelanggan


Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: UNDIP, 2009.

Djarwanto, P.S dan P. Subagyo, 2011. Statistik Induktif. Yogyakarta: BPFE.

Kotler, P. &Keller, K.L, Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta, 2009.

Lovelock, Christopher., Wirtz, Jochen dan Mussry, Jacky, Pemasaran Jasa-Prespektif Indonesia Jilid 2. Jakarta: Erlangga. 2010.

Asep Gunawan (2016) “Pengaruh Citra Toko dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Toko Grosir Cirebon”, Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JBIMA), Vol. 4, No. 2, September 2016.

Dwi Apriliani, dkk (2020). “Pengaruh Kepuasan Pelanggan, brand image dan kepercayaan pelangggan terhadap loyalitas pelanggan pada membercard”, Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.