APLIKASI GAME EDUKASI UNTUK ANAK PENDERITA TUNAWICARA

Azrai Sirait, Zulkifli Zulkifli

Abstract


ABSTRAK

 

Game edukasi merupakan media pembelajaran yang bersifat mendidik agar pengguna mendapatkan manfaat yaitu menambah pengetahuan dengan cara bermain sambil belajar. Pemanfaatan game edukasi dengan menerapakan pembelajaran berkelompok dapat memudahkan siswa-siswi dalam menyerap pelajaran karena di dalam game edukasi sudah disajikan materi-materi pelajaran mengenal huruf dan membaca yang dilengkapi dengan audio visual. Game edukasi menyajikan materi pelajaran mengenal huruf dan membaca kalimat yang dilengkapi dengan tampilan teks, gambar dan huruf yang dapat dilihat dengan jelas serta dilengkapi dengan bunyi suara huruf dan kalimat. Dengan menggunakan game edukasi ini dapat membantu anak didik dalam proses mengenal huruf dan membaca lebih meningkat sehingga dapat menambah pengetahuan anak didik.

 

Kata kunci : Game edukasi tunawicara, belajar  mengenal huruf dan membaca


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adriasnyah, (2014) “Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Metode Linear Congruent Method (LCM)”. Pelita Informatika Budi Darma. Vol.VI, No.1.

Ahmad Wisnu Santoso dan Kadek Primayudi, (2014). “Permainan Edukasi Anak “Edugames Animalia””. Createvitas. Vol.3, No.1.

Arief Rahman Hikam, (2013). “Pengembangan Game Edukasi Visual Novel Berbasis Pembangunan Karakter Pada Materi Pelestarian Lingkungan”. Jurnal Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Azhar Arsyad, (2010). “Media Pembelajaran”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Binanto Iwan, (2010). “Multimedia Digital Dasar Teori + Pembangannya”. Yogyakarta: Andi.

Christa Kaune, Edyta Nowisnska, Annika Paetau dan Mathilde Griep, (2009). “Games For Enhancing Sustainability Of Year 7 Mathsriven Development, Testing and Analysis Of Lessons and of Students Outcomes”. Journal University of Osnabrueck. Germany.

Desi Gita Andriani, 2013 “ Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Jigsaw Ii Dan Think Pair Share Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Smp Se-Kota Kediri” Vol.1, No.7,hal 651-660, Desember 2013

Ghea Putri Fatma Dewi, (2012). “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash”. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Herman Saleh, (2013). “Perancangan Dan Pembuatan Game Edukasi Hidden Object Untuk Anak Taman Kanak-Kanak Menggunakan Actionscript 3” Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Jakarta.

Isjoni Ismail, (2008). “Model-Model Pembelajaran Mutakhir Perpaduan Indonesia-Malaysia”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jakimi dan M. El Koutbi, (2009). “ An Object-Oriented Approach to UML Scenarios Engineering and Code Generation.” Vol. 1, No. 1, April 2009.

Mirza Hikmatyar, (2015). “Analisis Pengembangan Game Edukasi Indonesia Ku Sebagai Pengenalan Warisan Budaya Indonesia Untuk Anak Usia 12-15 Tahun”. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Nelly Indriani Widiastuti dan Irwan Setiawan, (2012). “Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo”. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA). Vol. 1, No. 2.

Putu Trisna Hady Permana S, I Gede Mahesa Darmawiguna dan Made Windu Antara Kesiman, (2014). “JA-KO Balinese Pizza: Game Edukasi Interaktif Jaringan Komputer”. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI). Vol. 3, No. 2.

Rinal Hafiz. (2015). “Perancangan Permainan Edukasi Senam Otak Dengan Model Instructional Games Pada Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Berbasis Multimedia”. Jurnal UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.