STRATEGI PENINGKATAN DAN MENUMBUH KEMBANGKANPERAN SERTA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MASYARAKAT DI KABUPATEN BARITO UTARA PADA MASA NEW NORMAL

Tajeri Tajeri

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor eksternal dan internal yang menentukan kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)pada masa New Normal, untuk mengetahui perannya dalam menyediakan produk-produk bagi masyarakat, dan merumuskan strategi untuk meningkatkan kinerja UMKM pengolah produk di Kabupaten  Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah. Populasi penelitian sebanyak 119 UMKM.  Jumlah sampel responden sebesar 60 orang pengusaha UMKM Penentuan besarnya sampel menggunakan teknik acak sederhana. Data dianalisis dengan menggunakan metode Analisis Deskriptif, dan Analitical Hierarchy Processes (AHP). Pengolahan data menggunakan program SPSS 16.00, dan Super Decision 1.60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penting dan prioritas yang menentukan kinerja UMKM adalah ketersediaan pasar, lama berusaha, pengendalian kualitas, manajemen usaha, dan promosi penjualan sebagai faktor-faktor internal dan faktor faktor eksternal yaitu akses permodalan, akses informasi pasar, kebijakan pemerintah yang pro bisnis, tingkat bunga pinjaman dan bimbingan teknis. Peran UMKM dalam menyediakan produk-produk  bagi masyarakat termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean)= 3,55. Pengusaha UMKM harus mempertahankan pelaksanaan faktor-faktor penting penentu kinerja usahanya, dengan tetap melakukan perbaikan pada faktor-faktor yang masih kurang pelaksanaannya, agar mendapatkan kinerja yang lebih baik.

 

Kata kunci: Strategi, Faktor-faktor internal, Faktor-faktor eksternal, Peran UMKM


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amir Hamzah,M.A 2019. Metode Penelitiandan pengembangan, uji produk kuantitatif dan kualitatif proses dan hasil.

Andi Irawan 2007 kewirausahaan UMK.Graha Ilmu. Yogyakarta

Badan Pusat Statistik Kota Muara Teweh 2019, Kabupaten Barito Utara

Edy Sutrisno 2009 .Jakarta Frenadamedia Group MSDM.

Effendi S, Tukiran, 2015,Metode Penelitian Survei, LP3ES, Jakarta

Ety Rochaety dkk 2009 Metodologi Penelitian Bisnis.Mitra wacana Media.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS, Edisi Ketujuh. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro.

H.Buchari Alma 2017. Kewirausahaan

Juliater Simarmata 2013 Kewirausahaan. In Media. Bogor

Keberhasilan Karyawan), Kiat membangun Organisasi Kompetitif menjelang

Keputusan Menteri Perindag No. 225/MPP/Kep/7/1997 tentang Pelimpahan Wewenang dan Pemberian Izin di Bidang Industri dan Perdagangan sesuai dengan Surat Edaran Sekjen No. 771 /SJ/SJ/9/1997.

Mulyono, 2000 Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta

Moleong Lexy J. ,2016, Metodologi Penelitian Kuantitatif, PTRemajaRosdakarya,Bandung.

Perdagangan Bebas Dunia, Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE.

Prawirosentono, Suyadi. 2009. Manajemen sumber Daya Manusia ( Kebijakan

Rizky Darmawan. 2006. Pengambilan Keputusan.Alfabeta.

Siagian, 1990, Teori dan Praktek Pengambilan Keputusan, CV Haji Masagung, Jakarta.

Sirait, Justin T., Raharjo P, 2009, Mengelola dan mengembangkan Sumber Daya Manusia Dalam Persaingan Global, Mitra Wacana Media, Jakarta

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, Suhendar, 2004, Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah dalam Menghadapi Pasar Regional dan Global, Infokop 25, 113-120.

Tambunan, Tulus T.H. 2012. Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia: Beberapa isu-isu Penting. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Tambunan, Tulus T.H., 2002, Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Beberapa Isu Penting. Samlemba 4 Jakarta

Undang-Undang No. 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Jakarta.

Undang-undang No. 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.