KEPUASAN MASYARAKAT KOTA MEDAN TERHADAP GUGUS TUGAS COVID-19 PROVINSI SUMATERA UTARA

Neni Triastuti, Asmaul Husna, Asri Sanusi, Yenni Racmawati, Irham Wahyudi

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini membahas tentang Analisis Kepuasan Masyarakat Kota Medan Terhadap Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 Di Kota Medan. Dengan tujuan untuk melihat dan menganalisis pengaruh antara penanganan yang dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terhadap kepuasan masyarakat kota medan dengan penanganan Covid-19 oleh gugus tugas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan data yang didapat melalui menyebarkan kuesioner kepada masyarakat Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini yaitu warga Kota Medan, denganpengambilan sampelacak sebanyak30Masyarakat yang didominasi oleh jenis kelamin perempuan yakni berjumlah 17 orang (57%)sedangkan laki-laki berjumlah 13 orang (43%). Setelah data diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan Uji F pada program SPSS Versi 2.5dengan hasil pengamatan menunjukkan bahwa ada pengaruh yang tinggi antara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 terhadap Kepuasan Masyarakat Kota Medan dalam penanganan Covid-19 di Kota Medan. didapatkan nilainilai Fhitung> Ftabel yaitu Fhitung Sebesar 76,732 dan Ftabel 3,35 dan nilai signifikansi adalah sebesar 0,000 yang lebih kecil daripada 0,05. Dari analisis tersebut, maka Ho ditolak, artinya ada secara simultan variabel Gugus Tugas Covid-19 mempengaruhi variabel kepuasan masyarakat.

 

Kata Kunci : Gugus Tugas, Covid-19, Kepuasan Masyarakat


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

N. P. D. Ganapati, “Pelayanan Terapi Radiasi Pada Pandemi COVID-19 di Instalasi Radioterapi,” Jurnal Bedah Nasional, vol. 4, no. COVID-19), p. 5, 2020.

WHO, “Coronavirus disease (COVID-19) Pandemic,” World Health Organization, 2020. [Online]. Available: https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019. [Diakses 11 03 2020].

N. R. Y. d. A. Rezki, “Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19,” Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, vol. 7, p. 2, 2020.

C. Indonesia, “2 Bulan Jokowi Lawan Corona dan Kurva yang Belum 'Selaw',” 02/05/2020, Indonesia, 2020.

G. T. P. P. COVID-19, Pemerintah Republik Indonesia, 2020. [Online]. Available: https://covid19.go.id/peta-sebaran. [Diakses 30 April 2020].

A. Makarti, “Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pada Pelayanan Publik di Puskesmas Kalicacing Kota Salatiga,” Jurnal Stiema, vol. 8, p. 1, 2015.

Y. Alaan, “Pengaruh Service Quality (Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness dan Assurance) terhadap Customer Satisfaction: Penelitian pada Hotel Serela Bandung,” Jurnal Maranatha, vol. 15, p. 4, 2016.

N. Rahmayanty, Manajemen Pelayanan Prima, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2016.

S. Erwin Widiasworo, Menyusun Penelitian Kuantitatif untuk Skripsi dan Tesis, Yogyakarta: Araska, 2019.

H. d. Jamaluddin, “Pengaruh Perencanaan Anggaran dan Evaluasi Anggaran Terhadap Kinerja Organisasi,” Repositori UIN Alauddin, vol. II, no. Akuntansi Peradaban, p. 8, 2016.

S. M. Akbar Nasrum, UJI NORMALITAS DATA UNTUK PENELITIAN, Denpasar Bali: Jayapangus Press, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.