PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DENGAN BANTUAN SOFTWARE APLIKASI MAPPLE 11 KELAS XI SMA SISWA SWASTA PEMDA KISARAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Anil Hakim Syofra, Zunaida Sitorus, Azrai Sirait

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan linier dengan menggunakan model pembelajaran  Cooperative Learning Type STAD.  Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PEMDA KISARAN tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 30 orang. Sebagain besar dari beberapa guru dalam melaksanakan proses belajar dan mengajar dalam proses pembelajarannya masih menggunakan model pembelajaran konvesional yaitu dengan ceramah atau memberikan informasi saja. Pembelajaran konvensional yang mengedepankan interaksi satu arah dimana guru memiliki peranan utama dalam kegiatan pembelajaran di kelas dapat menyebabkan cara berpikir siswa menjadi pasif sehingga materi yang disampaikan tidak bisa dipahami oleh siswa secara menyeluruh, menjadikan suasana pembelajaran yang membosankan. Hal ini menyebabkan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti proses belajar mengajar sehingga menyebabkan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan.. Setelah pemberian tindakan  siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Type STAD , nilai rata – rata instrumen tes I adalah  68,1 dengan ketuntasan secara klasikal 63,33%. Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I ke siklus II, nilai rata – rata instrumen tes II adalah 76,27 dengan ketuntasan secara klasikal adalah 86,67%. Hal ini menujukkan  ada peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Type STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Persamaan Linier.

 

Kata kunci : Persamaan Linier, Cooperative Learning Type STAD, SMA PEMDA KISARAN

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ratumanan, T G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. IKAPI: Unesa University Press.

Sapta, Andy. 2010. Penggunaan Undo Process Dalam Peningkatan Hasil Belajar Fungsi Invers, Jurnal Mathematics Paedagogic. Vol. I. No. 1. Halaman : 23

Slavin, R.E. (2006). Cooperatif Learning Teori. Nusa Media : Jakarta .

Soedjadi, R, 2000 , Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia,Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional,Jakarta

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Muhibbin. 2010. Psikologi Belajar. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Trianto, (2009). Mendasain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Kharisma Putra Utama: Jakarta.

Wardhana, Yana. (2010), Teori Belajar dan Mengajar. Pribumi Mekar: Bandung.

Uno, Hamzah, 2007, Model Pembelajaran. Bumi Aksara : Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.