REFLEKSI DAN STRATEGI PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA DARING PADA ERA NEW NORMAL

Khairun Nisa, Anim Anim

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perlunya melakukan evaluasi kembali pembelajaran yang dilakukan di rumah, baik dengan refleksi pembelajaran atau pun dengan pemberian angket. Hal ini sangat penting di lakukan agar pencapaian pembelajaran tidak lagi terhalang hanya karena kurang tepat dalam memilih strategi yang akan diterapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Data diambil dengan menggunakan instrumen berupa angket persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran daring selama pandemi covid 19. Kemudian memberikan strategi pembelajaran pada masa new normal sesuai dengan kekurangan dan kelebihan selama pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 agar pembelajaran yang baik dapat diteruskan dibantu kuota internet dan yang kurang baik dapat diperbaiki saat new normal. Instrumen berupa angket yang berisi 4 pertanyaan dengan menggunakan google formulir dengan link berikut: https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScbp13o22tfUAuS4lyx1s7Nu7aOodcsnOmvFxAcnv5Tf_2Zg/viewform?usp=sf_link . Berdasarkan jawaban 45 mahasiswa diketahui bahwa refleksi dari pembelajaran daring yaitu mahasiswa akan sebanyak 50 GB/bulan selama 4 bulan secara gratis. Kemudian strategi yang dapat dilakukan oleh dosen adalah menyiapkan kuisioner sebelum pembelajaran agar dapat diketahui hal-hal yang dapat digunakan selama pembelajaran di masa new normal seperti penggunaan media pembelajaran kombinasi dan membuat video pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa mengerti apa yang mahasiswa pelajari agar mahasiswa tidak melulu mengerjakan tugas tanpa penjelasan.

 

Kata kunci : refleksi, strategi, media daring, new normal


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(3), 227–238. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Wijayanti, … Putri, R. S. (2020). Universitas muhammadiyah enrekang. Jurnal of Education, Psychology and Counselling, 2, 1–12

Care, V. (2020). Choices for the “ New Normal ,” 323(21), 2125–2126. https://doi.org/10.1001/jama.2020.6949

Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill,Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.