EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB SIBORONG-BORONG

Eltalina Tarigan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran pada anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Siborong-Borong. Tunagrahita termasuk dalam golongan anak berkebutuhan khusus (Anak Berkebutuhan Khusus), yang disebut dengan anak yang mempunyai kemampuan intelektual di bawah rata-rata.  Dengan kata lain sering juga sebutan anak dengan hendaya atau penurunan kemampuan atau berkurangnya kemampuan dalam segi kekuatan, nilai, kualitas, dan kuantitas.Cara pendekatan terhadap anak tunagrahita adalah dengan menumbuhkan rasa kasih sayang terhadap anak sekolah luar biasa yaitu anak berkebutuhan khusus. Pada saat mengajarkan pada anak dengan menerapkan metode pembealajarannya anak-anak tersebut dapat mengikutinya dengan serius, anak diminta untuk melakukan sesuai metode pembelajaran yang telah dipaparkan selama proses belajar berlangsung.

 

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Tunagrahita


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Amin, Moh. 1996 : Ortopedagogik Anak Tunagrahita, Jakarta: Dirjen Dikti.

Bratanata, S.A. 1979 : Pendidikan Anak Terbelakang Mental, Jakarta: Depdikbud.

Suhaeri H.N. (1980). Ortopedagogik Umum 1 dan 2. Diktat Kuliah. Bandung: PLB FIP IKIP.

Suhaeri H.N. (1979). Penyelidikan tentang Persepsi Visual Anak Terbelakang. Bandung: PLB FIP IKIP.

G.A.K. Wardani, Tati Hernawati, Astati. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka. 2007.

G.A.K. Wardani, Tati Hernawati, Astati. Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2013




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v5i3.731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.