PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, VARIASI PRODUK DAN KEPUASAN KOSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA ALFAMIDI D.I PANJAITAN TANJUNG BALAI

Nuzhatul Husna, Halimatussaddiah Marpaung, Abdul Rahman, Rosnaida Rosnaida, Azizah Mahary, Hadi Suriono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen, variasi produk, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen di Alfamidi D.I. Panjaitan Tanjungbalai. Penelitian ini memakai metodologi deskriptif dan desain penelitian asosiatif, dengan sumber data utama dan sekunder yang diambil dari hasil penelitian. Terdapat 96 responden dalam survei ini, yang ialah konsumen Alfamidi D.I. Panjaitan Tanjungbalai. Dengan memakai SPSS versi 20, uji instrumen dengan skala Likert 1 sampai 5 poin dilakukan. Temuan mempersentasikan  kepuasan konsumen, variasi produk, dan kualitas layanan secara signifikan dan sebagian mengintensifkan loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen, variasi produk, dan kualitas layanan semuanya berimplikasi positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen secara bersamaan. Koefisien Determinasi (R2) ialah 81,7%, mempersentasikan  meskipun kepuasan konsumen, variasi produk, dan kualitas layanan masing-masing mempengaruhi 81,7% loyalitas konsumen, variabel tambahan di luar ruang lingkup penelitian ini mempengaruhi 18,3% sisanya.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Variasi Produk, Kepuasan Konsumen, Loyalitas konsumen


Full Text:

PDF

References


Ariani, D. Wahyu. 2009. Manajemen Operasi Jasa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ermawati, Adek S. dan Sutopo. “Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Ramai Semarang”. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi. 2021, vol. 27, no. 1, 17-23.

Dwijayani, H., dan Yeresti, I. “Mendorong Loyalitas Konsumen Dengan Analisis Keragaman Produk, Persepsi Harga dan Lokasi Toko”, 2018. 61–73.

Ghozali, Imam, 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Nazir, M. 2011. Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kotler, P. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Pahlawan, R., Laba, A. R., & Pakki, E. “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kenaikan Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Makassar”. 2019. vol. 3, no. 2, 228–244.

Prabowo. 2002. Manajemen Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Rohmawati, Z. “Kualitas, Harga dan Variasi Produk Bertentangan dengan Loyalitas Konsumen”. 2018, vol. 1, 19–29.

Sangadji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Sucihati dan Suhartini. “Pengaruh Kepuasan Konsumen Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Di PT. Asuransi Ramayana Serang”. Jurnal Manajemen Perusahaan, 2022, vol. 1 no. 1, 14-22.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung; Alfabeta.

. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syihabuddin, Sopiah. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: ANDI.

dan Chandra. 2011. Strategi Pemasaran. Jakarta: Andi.

Tjiptono, Fandi. 2012. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Trianah, L., Pranitasari, D., dan Marichs, S. Z. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen D’besto Mangun Jaya 2 Tambun Selatan)”. 2017, vol. 26, no.1, 105–122.




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v10i2.4489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.