PENERAPAN MODEL CHALLENGE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN

Anik Pujiati .

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan yang bertujuan untuk mengetahui apakah
penerapan model pembelajaran challenge based learning efektif dalam meningkatkan literasi
lingkungan. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest postest design, dengan sampel
mahasiswa pada mata kuliah pendidikan lingkungan hidup. Dari hasil analisis diperoleh rerata
N-gain 0,82 dan effect size 2,6, maka keduanya masuk dalam kategori tinggi. Hasil uji analisis
paired sampel t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan literasi lingkungan sebelum dan
sesudah penerapan pembelajaran challenge based learing, sehingga dapat disimpulkan
penerapan model pembelajaran challenge based learning efektif dapat meningkatkan literasi
lingkungan.
Kata Kunci : challenge based learning , literasi lingkungan


Full Text:

PDF

References


Cohen, J. 1988. Statistical Power Analysis

for the Behavioral Sciences. Hillsdale,

NJ: Lawrence Earlbaum Associates.

Environmental Literacy Task Force. (2015).

A blueprint for environmental

literacy: Educating every student in,

about, and for the environment.

Redwood City: Californians

Dedicated to Education Foundation.

Farwati, Ratna, dkk. Potret Literasi

Lingkungan Mahasiswa Calon Guru

Kimia Di Universitas Sriwijaya.

Journal of Science Education And

Practice. 1 (1) 1-8.

Farwati, Ratna. dkk. Integrasi Problem

Based Learning dalam STEM

Education Berorientasi pada

Aktualisasi Literasi Lingkungan dan

Kreativitas. Prosiding Seminar




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v7i2.2230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.