PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA SISWA KELAS V

Nurma Tambunan .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang penggunaan media WhatsApp
pada pembelajaran jarak jauh di kelas V SD dan mengkaji apa saja kesulitan yang
diperoleh selama masa pembelajaran dengan media WhatsApp. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara,
observasi dan evaluasi. Dari hasil penelitian ditunjukkan bahwa siswa dan guru sudah
memanfatkan kemajuan teknologi diantaranya penggunaan media WhatsApp pada
pembelajaran. Semua fitur dalam aplikasi WhatsApp bisa dimanfaatkan semaksimal
mungkin. Selain beberapa kemudahan yang diperoleh ditemukan beberapa rintangan atau
hambatan, yaitu kesulitan siswa dalam memahami materi, adanya gangguan jaringan
internet, hilangnya interaksi antara guru dan siswa setera langsung dan perbedaan tipe
handphone yang menyebabkan kendala dalam penerimaan materi, sehingga sangat
disarankan untuk merancang pembelajaran yang lebih variatif sehingga siswa dapat
memahami materi yang disampaikan selama proses pembelajaran daring.
Kata Kunci : Media WhatsApp, pembelajaran, daring
ABSTRACT
This study aims to describe the use of whatsapp media in distance learning in grade V SD
and examine what difficulties were encountered during the learning period using
WhatsApp media. This research uses descriptive qualitative research methods. Data
obtained through interviews, observation and evaluation. From the research results, it is
shown that students and teachers have taken advantage of technological advances,
including the use of WhatsApp media in learning. All the features in the WhatsApp
application can be used as much as possible. In addition to some of the conveniences
obtained, several obstacles or obstacles were found, namely the difficulty of students in
understanding the material, the presence of internet network disruptions, the loss of
interaction between teachers and students directly equal to the difference in types of
cellphones which caused obstacles in receiving the material, so it is highly recommended
to design more learning. varied so that students can understand the material presented
during the online learning process.
Keywords: WhatsApp media, learning, online


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A. Buku

Kemendikbud.2020. Pencegahan Corona

Virus Disease (Covid-19) di

Satuan

Pendidikan. Jakarta:

Kemendikbud

Moleong, J.L. 2017. Metode penelitian

kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil

Proses Belajar

Mengajar.Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Permendikbud.2013. Standar

Pendidikan Dasar dan

Menengah. Jakarta:

Permendikbud.

Pribadi, M.A., & Benny, A.2017. Media

dan Teknologi dalam

Pembelajaran. Jakarta:

Prenadamedia Group.

B. Artikel Jurnal

Anwar dan Riadi. 2017. Analisis

Investigasi Forensik WhatsApp

Messenger Smartphone Terhadap

Wahtsapp Berbasis Web. Jurnal

Ilmu Teknikelektro Kompuer Dan

Informatika.Vol.3(1). 2-10.

Jumiatmoko.2016.WhatsApp Messenger

Dalam Tinjauan Manfaat Dan

Adab. Wahana Akademika. Vol 3

(1). 52-66

Pane & Dasopang.2017. Belajar Dan

Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmuilmu

Keislaman. Vol.3(2). 333-




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v7i2.2173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.