DESAIN PENGEMBANGAN KURIKULUM PRODI KEPEMIMPINAN KRISTEN BERBASIS MERDEKA BELAJAR DI INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI (IAKN) TARUTUNG

Maringan Sinambela, M.Th, Grecetinovitri Seri Antonius Tarigan, Megawati Manullan Nurelni Limbong

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain pengembangan kurikulum Prodi Kepemimpinan Kristen berbasis merdeka belajar di IAKN Tarutung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development ). Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan teknik analisis deskriptif, yakni  sebagai jenjang kualifikasi kriteria  kelayakan untuk menyimpulkan hasil validasi. Berdasarkan hasil penelitian desain kurikulum berbasis Merdeka Belajar pada Program Studi Kepemimpinan Kristen di Fakultas Ilmu Teologi IAKN Tarutung yang dikembangkan pada penelitian ini layak digunakan.

Kata Kunci: Desain Pengembangan Kurikulum, Merdeka Belajar, Prodi Kepemimpinan Kristen

 

Abstract

This study aims to create a curriculum development design for the Christian Leadership Study Program based on Merdeka Belajar at IAKN Tarutung. The method used in this research is the method of research and development ( R & D). The data analysis technique used is descriptive analysis technique, namely    as the criteria for the eligibility criteria to conclude the validation results. Based on the results of the research on the Merdeka Belajar based curriculum in the Christian Leadership Study Program at the IAKN Tarutung Theological Science Faculty developed in this study, it is feasible to use.

Keywords: Curriculum Development Design, Merdeka Belajar, Christian Leadership Study Program


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Hamalik, Oemar. 2009. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Remaja Rosdakarya dan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Handayani, Eka Utari. 2017 Desain Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab dengan Mengggunakan Media Video: Pendekatan Teknologi Digital, dalam jurnal Taqdir: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban T p-ISSN 2527-9807|e-ISSN 2621-1157.

https://drive.google.com/file/d/1Oq8f5VbcvqFYNbkRLtnS3WmJmf0ZR_O3/view

https://drive.google.com/file/d/1Oq8f5VbcvqFYNbkRLtnS3WmJmf0ZR_O3/view

https://amp.kompas.com/edukasi/read/2020/01/25/11354331/ini-rangkuman-4-kebijakan-kampus-merdeka-mendikbud-nadiem,

Rusman, 2018. Manajemen Kurikulum, Jakarta: Rajawali Press.

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sundayana, Wachyu. 2017. Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran: Panduan bagi Calon Guru dan Guru dalam Merancang Pembelajaran yang Sistematis, Jakarta: Penerbit Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v7i1.2159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.