ANALISIS KUALITAS PELAYANANDAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT INDRYA HUSADA PTPN 3 MEMBANG MUDA

Sale Malawat

Abstract


Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah secara simultan dan parsial Kualitas Pelayanan dan Fasilitas berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Indrya Husada PTPN 3 Membang Muda. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah populasi tidak terbatas dengan jumlah responden yang sesuai dengan kriteria pengambilan sampel sebanyak 57 responden, sedangkan alat uji yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan bantuan SPSS 17. Hasil uji hipotesis menunjukkan hubungan antara dependen dengan variabel dependen adalah secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai signifikan ( 0,01 ) < ( 0,05 ) atau nilai thitung 2.661 > 2.005, variabel Fasilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai signifikan 0,043 < 0,05 atau nilai thitung 3.331 > 2.005.

                Secara simultan variabel kedua variabel dependen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan tingkat signifikan ( 0,000 < 0,05 ) atau nilai Fhitung > Ftabel ( 5,845 > 3,15 ).

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Kepuasan Pasien.


Full Text:

PDF

References


Ginting, Paham dan SyarizalHelmi Situmorang. Filsafat Ilmu dan Metode Riset. Medan. USU Press. 2008

Irawan, Handi. Indonesian Customer Satisfaction. PT. Alex Media Computindo. Jakarta: 2003

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid I. PT. Index. Jakarta: 2007

Kuncoro, Mudrajat. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi Tiga. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2009

Lamb, Charles W., Hair, Joseph F, dan Mc Daniel. Pemasaran Buku I. Salemba Empat. Jakarta: 2001

Lupiyoadi, Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta: 2001

Nasution, M.N. Manajemen Jasa Terpadu: Total Service Management. PT. Ghalia Indonesia. Bogor: 2004

Santoso, Sanggih. Mengelolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: Penerbit Elex Media Komputindo. 2002

Setiadi, Nugroho. Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta: 2003

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta. Bandung. 2008

Suharyadi dan Purwanto. Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. PT. Salemba Empat.Jakarta: 2004

Supramono dan Haryanto. Desain Proposal Penelitian Studi Pemasaran. Yogyakarta: 2003

Sumarwan. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Jakarta: 2003

Suryana. Kewirausahaan. Penernit Salemba Empat. Jakarta: 2001

Tjiptono, Fandy, Pemasaran Jasa. Banyumedia Publishing. Malang: 2005

Ginting, Paham dan SyarizalHelmi Situmorang. Filsafat Ilmu dan Metode Riset. Medan. USU Press. 2008

Irawan, Handi. Indonesian Customer Satisfaction. PT. Alex Media Computindo. Jakarta: 2003

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid I. PT. Index. Jakarta: 2007

Kuncoro, Mudrajat. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi Tiga. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2009

Lamb, Charles W., Hair, Joseph F, dan Mc Daniel. Pemasaran Buku I. Salemba Empat. Jakarta: 2001

Lupiyoadi, Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta: 2001

Nasution, M.N. Manajemen Jasa Terpadu: Total Service Management. PT. Ghalia Indonesia. Bogor: 2004

Santoso, Sanggih. Mengelolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: Penerbit Elex Media Komputindo. 2002

Setiadi, Nugroho. Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta: 2003

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta. Bandung. 2008

Suharyadi dan Purwanto. Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. PT. Salemba Empat.Jakarta: 2004

Supramono dan Haryanto. Desain Proposal Penelitian Studi Pemasaran. Yogyakarta: 2003

Sumarwan. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Jakarta: 2003

Suryana. Kewirausahaan. Penernit Salemba Empat. Jakarta: 2001

Tjiptono, Fandy, Pemasaran Jasa. Banyumedia Publishing. Malang: 2005




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v2i3.187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.