PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MATERI PERISTIWA ALAM DI KELAS II A SD SWASTA PERKUMPULAN AMAL BAKTI (PAB) 15 KELAMBIR LIMA T.A 2018/2019

Winny Sunfriska Limbong, Pasti Rosion Natalia Hutabarat

Abstract


ABSTRAK

Kurangnya penggunaan media pembelajaran dikalangan guru saat proses belajar mengajar di kelas, merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Maka peneliti ingin mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan media komik, dimana media komik adalah rangkaian cerita bergambar yang dilengkapi dengan tulisan sedehana yang memperjelas sajian gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik terhadap hasil belajar siswa materi Peristiwa Alam di SD Swasta Perkumpulan Amal Bakti (PAB) 15 Kelambir Lima. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Quasi Experimental Design. Sedangkan desain yang digunakan adalah Nonequivalen Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah kelas IIA yang berjumlah 44 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IIB yang berjumlah 43 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes obyektif (pilihan ganda) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Berdasarkan hasil penelitian rata-rata hasil post-test kelas kontrol sebesar 60,23 dan untuk kelas eksperimen sebesar 78,86. Sehingga diperoleh thitung sebesar 6,510. Sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,633. Jadi thitung > ttabel (6,510 > 1,633), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar post-test dan hasil belajar pre-test kelas eksperimen atau dengan kata lain penggunaan media komik berpengaruh terhadap hasil belajar kelas eksperimen maka Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat “Terdapat pengaruh yang signifikan antara media komik terhadap hasil belajar IPA siswa kelas II A SD Swasta Perkumpulan Amal Bakti (PAB) 15 Kelambir Lima.”. 

 

Kata Kunci: Hasil Belajar dan Media Komik

 

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo

Abrori dkk. 2016. “Pengembangan Komik Pembelajaran pada Materi Bumi dan Alam Semesta untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas VI di SDN Utama 2Tarakan dan SDN 17 Tarakan”. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol. 2 No. 1A April 2018 (http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD)

Daryanto. 2016. “Media Komik Untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Terhadap Hewan Melalui Pembelajaran IPA DI SD NEGERI 59 Sungai Raya”. Jurnal Magister Teknologi Pembelajaran FKIP Untan Pontianak. (jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/araticle/download/14640/13001)

Jihad, Asep & dkk. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta : Multi Pressindo.

Kadir. 2015. Statistika Terapan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Kurniawan , R. Penerapan Media Komik Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2No. 1A April 2018.

(http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD)

Nugraha. 2016. “Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif”. Jurnal Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.(https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385+&cd=1&hl=id&ct=clnk




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v7i1.1868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.