UPAYA MENINGKATKAN KEDISPLINAN SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING DI SMP NEGERI 1 KARANGKOBAR

Dwi Hastuti ,

Abstract


ABSTRAK

 

Kedisplinan siswa sangat mempengaruhi aktivitas dan motivasi belajar siswa. Upaya untuk mengurangi keterlambatan siswa dapat dilakukan dengan cara memberikan layanan bimbingan kelompok yang diberikan oleh guru BK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kedisplinan siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Karangkobar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan konseling. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan persentase keterlambatan siswa dari pra siklus ke siklus 1 terjadi penurunan 35 %, dan dari siklus I ke siklus II mengalami penurunan sebesar 24 %. ha ini berarti dengan menggunakan teknik modeling dalam layanan bimbingan keompok dapat meningkatkan kedisplinan siswa.

 

Kata Kunci : kedisiplinan siswa, bimbingan kelompok, teknik modeling 

 


ABSTRACT

Student discipline greatly affects students' learning activities and motivations. Efforts to reduce student delays can be made by providing group guidance services provided by BK teachers. The purpose of this study was to find out the increased discipline of students through group guidance services with modelling techniques. The subject of the study was grade 1 students at SMP Negeri 1 Karangkobar. The research method used is the action research counseling guidance. The results showed that the percentage of student delay from pre-cycle to cycle 1 decreased by 35%, and from cycle I to cycle II decreased by 24%. this means that using modeling techniques in group guidance services can improve student discipline.

Keywords:student discipline, group guidance, modeling technique

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Atamimi, N. (2015). Keterampilan psikologis model bimbingan konseling proaktif untuk guru sekolah dasar. Cakrawala Pendidikan, (3), 85361.

Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Rahmawati, E. Y. (2020). Improving Students’ Problem Solving Ability Through Learning Based Videoscribe. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(2), 61. https://doi.org/10.26737/jipf.v5i2.1595

Fiana, F. J., Daharnis, D., & Ridha, M. (2013). Disiplin siswa di sekolah dan implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Konselor, 2(3).

Fitriani, R. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modelling Simbolik Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 59–68.

Juliasari, N., & Kusmanto, B. (2016). Hubungan antara manajemen waktu belajar, motivasi belajar, dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar.

matematika siswa SMP kelas VIII se-Kecamatan Danurejan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3).

Masruroh, S. (2012). Upaya Peningkatan Kedisiplinan Masuk Kegiatan Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Individu Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 4 Surakarta Semester Satu Tahun 2011/2012. Majalah Ilmiah Pembelajaran, (1).

Mulyadi, M., Zulkarnain, Z., & Utami, R. K. S. (2015). Hubungan Perhatian Orangtua dan Manajemen Waktu Belajar dengan Prestasi Belajar Geografi. Jurnal Penelitian Geografi, 3(6).

Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan pemahaman manajemen waktu melalui bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada siswa. PSIKOPEDAGOGIA, 5(1), 1–12.

Pasaribu, V. L. D., Elburdah, R. P., Sudarso, E., & Fauziah, G. (2020). Penggunaan Manajemen Waktu Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Di Smp Araisiyah. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 1(1).

Permendiknas. (2008). Peraturan Mendiknas, No 27 tahun 2008.

Rahayu, A., & Lianawati, A. L. (2020). Bimbingan kelompok teknik.

modelling efektif mengembangkan kemampuan interaksi sosial siswa MTS Darul Ulum Waru Sidoarjo. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 140–145.

Roshita, I. (2014). Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling. Jurnal Penelitian Tindak Kelas, 16(2), 2–7.

Saputra, W. N. E., Da Costa, A., & Alhadi, S. (2018). Creative Solution Focused Counseling Models (CSFCM): Strategi Kreatif untuk Mengembangkan Self-regulated Learning Siswa. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(4), 162–170.

Widodo, B. (2013). Perilaku Disiplin Siswa Ditinjau dari Aspek Pengendalian Diri (Self Control) dan Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Pada Siswa SMKWONOASRI Caruban Kabupaten Madiun. Widya Warta, 37(01).

Zamroni, E., & Rahardjo, S. (2015). Manajemen bimbingan dan konseling berbasis permendikbud nomor 111 tahun 2014. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v7i1.1853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.