PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOLABORASI PADA MATERI BERDISKUSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP NEGERI 2 SEI KEPAYANG BARAT KABUPATEN ASAHAN

Maidi Rambe , M.Pd

Abstract


Kesulitan dalam menguasai kemampuan tersebut bagi siswa terutama siswa kelas IX SMP Negeri 2 Sei Kepayang Barat antara lain adalah minimnya media penunjang yang membantu mengembangkan peningkatan kemampuan membaca siswa, selama ini siswa hanya menggunakan buku paket atau buku acuan yang direkomendasikan oleh sekolah tanpa adanya penambahan dari sumber lain. Selain itu minat membaca siswa juga menyebabkan rendahnya pencapaian hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari hasil ulangan harian khususnya untuk kemampuan membaca sangat rendah dengan rata-rata kelas sebesar 56,0 dan hanya 25,9% siswa yang tuntas dalam belajarnya dari KKM 65 yang ditetapkan. Adapun hasil pengamatan pada proses belajar mengajar menujukkan aktivitas siswa lebih meningkat selama proses pembelajaran berlangsung, baik pada siklus I maupun pada siklus II, dibandingkan dengan suasana belajar siswa yang fasif dan kaku sebelum dilakukannya tindakan kelas. Perolehan presentase siswa yang aktif pada siklus I adalah 34,5% dan pada siklus II adalah 66%. Aktivitas guru juga meningkatkan pada siklus I dan siklus II dalam hal menerapkan langkah-lagkah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperati8f  tipe Numbered Heads Together  dengan perolehan presentase skor adalah 52,5% degan kategori cukup menjadi 72% pada siklus II dengan kategori baik. Berpijak dari rumusan masalah tersebut di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memahami wacana sastra bagi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Sei Kepayang Barat dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT.

 

 

Kata kunci : Model,  Kolaborasi, Smp Negeri 2,  Sei Kepayang


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Purwodarminto (1988:553) berasal dari kata “Mampu” Jakarta: Rajawali Press

(Mulyasa, 2002:183) proses pembelajaran merupakan interaksi edukatif. Bandung, Sinar Baru Algresindo.

Iskandar, Agung. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta, Bestari Buana Murni.

Maftuh, M. Dkk. 299. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Perwaningsih E. 2004. Efektivitas Model Pembelajaran Siswa dan Peta Konsep Terhadap Prestasi Belajar Fisika dalam Materi Interferensi Cahaya pada Lapisan Tipis Ditinjau dari Minat dan Intelegensi Siswa. Surakarta: Program Studi Pendidikan Sains. Program Pascasarjana UNS.

Sudjana, N. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung, Sinar Baru Algesindo: Cetakan keduabelas.

Suganda, Elia. Dkk. Bahasa dan Sastra Indonesia 3 Kelas IX SMP: Kurikulum 2004. bandung, PT. Remaja Rosda Karya.

Yunanto, Sri Joko. 2004. Sumer Balajar Anak Cerdas. Jakarta, Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v2i5.1685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.