PENGUKURAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK NEGERI 6 MEDAN

Rini Ramadhani -

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Self efficacy siswa dalam pembelajaran matematika di SMK Negeri 6 Medan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi Tiga yang terdiri dari 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan angket self efficacy, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rata-rata dari skor keseluruhan skala Self-efficacy adalah 3,37 sehingga masuk ke dalam kategori positif. Dimensi Self-efficacy ada tiga dan masing-masing dimensi dihitung rata-ratanya. Dimensi magnitude skor rataannya sebesar 3,43 yang berarti positif. Dimensi generality skor rataannya sebesar 3,56 yang berarti positif. Dimensi strength skor rataannya sebesar 3,14 yang berarti positif.


Full Text:

PDF

References


Arsanti, T.A. 2009. Hubungan Antara Penetapan Tujuan, Self Efficacy dan Kinerja, Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE) Vol 16, No. 2 Hal 97-110, ISSN 1412-3126.

Bandura, A. 1994. Self-Efficacy defined. New York: Standford University.

Moma, L. 2014. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self Efficacy, dan Soft Skill Siswa Melalui Pembelajaran Generatif. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Nuryaninim. (2012). Self Efficacy Matematika. Online : http://www.slideshare.net/Interest_Matematika_2011/self-efficacy-matematis. (13 Desember 2012).

Rahman, Arif Aulia, dkk. 2018. Increasing Students’ Self-Efficacy Through Realistic

Mathematics Education in Inclusion Classroom. Journal of Physics: Conf. Series 1114 (2018) 012111.

Risnanosanti. 2014. Melatih Kemampuan Metakognisi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Diseminarkan pada Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika. Bengkulu.

Suastikayasa, K. (2011). Self Efficacy Matematika Siswa. Online : http://dinasti-tamblang.blogspot.co.id/2013/05/self-efficacy-matematika-siswa.html.(5 Oktober 2011).

Somakim. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penggunaan Pendekatan Mateatika Realistik. Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung. http://www.repository.upi.edu

Subaidi, A. 2016. Self Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Madura, 64-68.




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v7i3.1370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.