KOLABORASI GENIUS LEARNING STRATEGY DAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PAK SISWA

Diana Martiani Situmeang

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAK siswa dengan Kolaborasi Genius Learning Strategy dan Metode Brainstorming. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sipoholon. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA-1 yang berjumlah 30 orang siswa dan objek penelitian ini adalah Kolaborasi Genius Learning Strategy dan Metode Brainstorming. Dalam pengambilan data, teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Sedangkan, teknik  analisis data dengan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Dari data hasil observasi menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I motivasi siswa mencapai 56,67% dan pada siklus II motivasi siswa mencapai 90% atau mengalami peningkatan sebesar 33,33%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes sebelum kolaborasi dengan nilai rata-rata 59,83, sedangkan pada saat tes siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 67,83 atau terjadi peningkatan sekitar 8 poin. Dan pada tes siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 80,83 atau mengalami peningkatan sekitar 13 poin dari siklus I. Dapat disimpulkan bahwa Kolaborasi Genius Learning Strategy dan metode Brainstorming di SMA Negeri 1 Sipoholon T.P. 2019/2020 dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAK siswa.

Kata Kunci : Genius Learning Strategy, Metode Brainstorming


Full Text:

PDF

References


Alma, Wahyu, dkk. 2009. Guru Profesional Menguasai dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, Adi W. 2004. Genius Learning Strategy Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamalik,O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.

__________2007. Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.

Istarani. 2012. Kumpulan 39 Metode Pembelajaran. Medan. Iscom Medan.

Martinis, Yamin. 2010. Kiat membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Perss

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ranifitria. Apakah genius learning strategy.http://bustomi-study bahasa.blogspot.com/. Diakses pada tanggal 14 Mei 2013 pukul 16.10

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Media Group.

Sardiman, A.M. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutikno, M. 2009. Belajar dan pembelajaran. Bandung: Prospect.

Uno, Hamzah. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v6i1.1089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.