PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN MAS AMIN AIR JOMAN KABUPATEN ASAHAN

Nurul Hafni, Halimahtussaddiah Marpaung, Putra Anshari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Mas Amin Air Joman Kabupaten Asahan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 99 orang. Uji regresi linear berganda menghasilkan persamaan Y = 0,351 + 0,231 X1 + 0,178 X2 + 0,044 X3 + 0,037 X4 + 0,238 X5 +e. Berdasarkan hasil uji simultan, nilai Fhitung 120,419 > Ftabel 2,31 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan menerima H1 dan dapat disimpulan, variabel tangible, relibility, responsiveness, assurance, emphaty berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan di Rumah Makan Mas Amin Air Joman Kabupaten Asahan. Berdasarkan hasil uji parsial, Nilai thitung 5,733 > ttabel 1,98 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan menerima H2. Artinya, variabel Tangible berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai thitung 5,300 > ttabel 1,98 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan menerima H2. Artinya, variabel Reliability berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai thitung 2,382 > ttabel 1,98 dan nilai signifikansi 0,019 < 0,05. Maka Ho ditolak dan menerima H2. Artinya, variabel Responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai thitung 2,217 > ttabel 1,98 dan nilai signifikansi 0,029 < 0,05. Maka Ho ditolak dan menerima H2. Artinya, variabel Assurance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai thitung 5,725 > ttabel 1,98 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan menerima H2. Artinya, variabel Emphatic berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Rumah Makan Mas Amin Air Joman Kabupaten Asahan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/mes.v1i1.711

DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/mes.v1i1.711.g621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan

Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia

Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com