PENGARUH PERSEPSI HARGA, CITA RASA DAN LOKASI TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN PADA CAFE AND RESTO CK-3 AEK KANOPAN KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

Anggi Roslina Siagian, Tengku Syarifah

Abstract


ABSTRAKSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, cita rasa dan lokasi secara simultan dan parsial terhadap minat beli ulang konsumen pada Cafe and Resto CK-3 Aek Kanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 96 responden. Persamaan analisis linear berganda diperoleh nilai Y = 2,417 + 0,216X1 + 0,422X2 + 0,145X3. Artinya terdapat hubungan yang positif antara variabel persepsi harga (X1), cita rasa (X2) dan lokasi (X3) terhadap minat beli ulang (Y). Hasil uji simultan nilai Fhitung 32,934 > Ftabel 2,70 dan berada pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak, artinya secara simultan (serempak) persepsi harga (X1), cita rasa (X2) dan lokasi (X3) berpengaruh terhadap minat beli ulang (Y). Hasil uji parsial variabel persepsi harga (X1) menghasilkan nilai thitung 2,952 < ttabel 1,986 dengan signifikansi 0,004 < 0,05 maka H2 diterima dan H0 ditolak, artinya secara parsial persepsi harga (X1) berpengaruh terhadap minat beli ulang (Y). Uji parsial variabel cita rasa (X2) menghasilkan nilai thitung 6,379 > ttabel 1,985 dengan signifikansi 0,000

< 0,05 maka H2 diterima dan H0 ditolak, artinya secara parsial cita rasa (X2) berpengaruh terhadap minat beli ulang (Y). Uji parsial variabel lokasi (X3) menghasilkan nilai thitung 2,101 > ttabel 1,985 dengan signifikansi 0,038 < 0,05 maka H2 diterima dan H0 ditolak, artinya secara parsial lokasi (X3) berpengaruh terhadap minat beli ulang (Y). Hasil uji koefisien determinasi menghasilkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,502, artinya variabel bebas yang terdiri dari persepsi harga, cita rasa dan lokasi mampu menjelaskan variabel terikat yaitu minat beli ulang sebesar 50,2%, sedangkan selebihnya 49,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini..

 

Kata Kunci : Persepsi Harga, Cita Rasa, Lokasi, Minat Beli Ulang


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/mes.v4i2.3920

DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/mes.v4i2.3920.g2756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan

Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia

Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com