PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MAMA LAUNDRY KISARAN

Tengku Syarifah, Mery Chrisman Layani Nazara

Abstract


ABSTRAK

 

Mery Chrisman Layani Nazara (17030054), “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Mama Laundry Kisaran”. Pembimbing Tengku Syarifah, SE, M.Si, Penguji I Drs. Nisfu Fithri, M.Si., dan Penguji II Drs. Abd. Khauf Pase, SE, MM.

Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa variabel harga ( X1) mempunyai nilai positif dengan nilai thitung (1,004) > ttabel (1,984) dan signifikan sebesar 0,044 < 0,05. Hal ini berarti variabel harga secara parsial tidak berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.  Variabel kualitas pelayanan (X2) mempunyai nilai positif dengan nilai thitung (2,009) > ttabel (1,984) dan signifikan sebesar 0,016 < 0,05 dan. Hal ini berarti variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel promosi (X3) mempunyai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung (7,650) > ttabel (1,984). Hal ini berarti variabel promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil uji simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (41,707 > 2,47) dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 artinya secara simultan variabel harga (X1), kualitas pelayanan (X2), promosi (X3), berpengaruh secara serentak dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak.

                                                                                                                                

Kata Kunci:           Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Pelanggan

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/mes.v3i2.3161

DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/mes.v3i2.3161.g2356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan

Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia

Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com