PENGARUH WORD OF MOUTH (WOM), DAYA TARIK WISATA, DAN FASILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG WISATAWAN PADA PEMANDIAN AIR PANAS SUMBER PADI KABUPATEN BATU BARA

SUGIANTO SUGIANTO, HALIMATUSSADDIYAH MARPAUNG

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara serempak dan parsial Word Of Mouth (WOM), Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Ulang Wisatawan pada Pemandian Air Panas Sumber Padi Kabupaten Batu Bara. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 96 responden yang merupakan wisatawan dari Pemandian Air Panas Sumber Padi Kabupaten Batu Bara yang telah berkunjung 2 kali atau lebih.  Metode analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serempak Word Of Mouth (WOM), Daya Tarik Wisata dan Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berkunjung Ulang dengan nilai Fhitung 42,855 > Ftabel 2,70 dan berada pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Dan secara parsial Word Of Mouth (WOM) menghasilkan nilai thitung 2,984 dan signifkan 0,004, Daya Tarik Wisata menghasilkan nilai thitung 3,032 dan signifikan 0,003, Fasilitas menghasilkan nilai thitung 2,906 dan signifikan 0,005. Nilai thitung masing-masing variabel > ttabel 1,985 dan nilai signifikan < 0,05yang berarti secara parsial Word Of Mouth (WOM), Daya Tarik Wisata dan Fasilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Minat Berkunjung Ulang.

Kata Kunci             :               Word Of Mouth (WOM), Daya Tarik Wisata, Fasilitas, Minat Berkunjung Ulang

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/mes.v2i1.1421

DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/mes.v2i1.1421.g1173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan

Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia

Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com